Berita Bantul: Bantul Bakal Menaikkan Retribusi Wisata Setelah Jembatan Kretek Dibuka
Jembatan Kretek Dua yang berada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kabupaten Bantul

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana menaikkan retribusi wisata pantai selatan setelah Jembatan Kretek Dua yang berada di Jalur Jalan Lintas Selatan dibuka secara resmi oleh pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Senin, mengatakan Jembatan Kretek Dua sudah diuji coba buka selama sepekan dari 29 April sampai 6 Mei 2022, dan kemudian ditutup kembali untuk menunggu dibuka secara resmi yang direncanakan pada Agustus 2022.

"Jadi untuk Lebaran ke pantai selatan satu pintu bisa ke semua pantai dalam seminggu itu, setelah itu ditutup sampai peresmian pada Agustus, terkait dengan hal itu kalau jembatan sudah berfungsi, dibuka secara resmi, kami rencanakan ada kenaikan retribusi untuk wisata pantai," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Bantul Bakal Menaikkan Retribusi Wisata

Pihaknya belum menyampaikan detail berapa kenaikan retribusi wisata pantai selatan yang nantinya diberlakukan. Saat ini, besaran retribusi wisata sebesar Rp10 ribu per orang, baik pantai sisi timur yaitu Pantai Parangtritis dan Depok, dan pantai sisi barat dari Pantai Samas hingga Pantai Baru.

"Jadi setelah dibuka nanti artinya sekali masuk retribusi bisa ke seluruh pantai, InsyaAllah akan ada rencana kenaikan retribusi, kalau jembatan pada Agustus dibuka kita upayakan September sudah ada kenaikan retribusi," katanya.

Kwintarto mengatakan, uji coba pembukaan Jembatan Kretek Dua yang menghubungkan pantai selatan Bantul sisi timur dan barat itu sebelumnya tidak begitu signifikan berpengaruh terhadap perolehan retribusi, hanya saja memang wisatawan pantai dapat spot baru dengan melintasi jembatan di pesisir pantai itu.

"Asumsinya bahwa wisatawan itu kalau sudah datang di satu blok pantai tidak kemudian ke blok lain, misalnya kalau ke Pantai Parangtritis paling makan di Pantai Depok yang ada di dekatnya, juga kalau sudah di Pantai Goa Cemara ya makan di situ atau di Pantai Baru," katanya.

Dia mengatakan, "Jadi sekalipun jembatan dibuka menurut saya peluang kecil wisata ke pantai barat beralih ke pantai timur, kemungkinan ada tapi tidak sedemikian berpengaruh," katanya.

Sementara itu, data kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi Bantul selama libur Lebaran sejak 29 April sampai 8 Mei sebanyak 252.360 orang dengan pendapatan di atas Rp2,3 miliar. Pantai Parangtritis menjadi destinasi favorit wisatawan dengan kunjungan terbanyak pada libur Lebaran.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!