Liburan Panjang, Hunian Hotel Naik 65 Persen
Pengelola Eminance Hotel Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat dari ratusan kamar yang ada sudah terisi penuh satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.(ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di Cipanas-Puncak meningkat 65 persen saat libur panjang sekolah dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 2022.

Ketua PHRI Cianjur Nano Indrapraja di Cianjur Sabtu, mengatakan okupansi hotel di Cianjur naik sejak beberapa bulan terakhir terutama setelah Hari Raya Idul Fitri, hingga Hari Raya Idul Adha seiring landainya kasus COVID-19 di sejumlah wilayah.

"Sejak libur sekolah hingga Sabtu sore atau satu hari menjelang Idul Adha, angka kunjungan meningkat hingga 65 persen dan terus meningkat hingga dua hari ke depan, tercatat 1.015 kamar anggota PHRI Cianjur sudah terisi hingga Sabtu petang. Rata-rata lama menginap dua hingga tiga hari ," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Hunian Hotel Naik 65 Persen

Sedangkan saat hari kerja, angka hunian naik karena libur panjang sekolah, angka kunjungan naik hingga 30 persen dibandingkan bulan sebelumnya. "Untuk hari kerja, tingkat hunian bisa mencapai 50 sampai 60 kamar di masing-masing hotel," katanya.

Wisatawan mancanegara terlihat menginap di sejumlah hotel berbintang di kawasan Puncak-Cipanas, namun jumlahnya sedikit.

Wisatawan mancanegara umumnya berasal dari Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yaman dan Qatar.