Berita DIY: 87 Calon Anggota Bawaslu DIY Lolos Seleksi Administrasi
Ilustrasi: Bawaslu Tolak dan Lawan Politik Uang (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Yogyakarta sebanyak 87 dari total 94 peserta telah lolos seleksi administrasi sebagai calon anggota periode 2022-2027.

"Timsel memutuskan secara bulat bahwa 87 peserta dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi," kata Ketua Timsel Mada Sukmajati dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Rabu.

Peserta yang ditetapkan lolos tahap seleksi administrasi berdasarkan rapat pleno, Selasa (12/7), berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu tes tertulis dan psikologi.

Mada menilai antusiasme masyarakat dalam proses pendaftaran Calon Anggota Bawaslu DIY cukup tinggi, bahkan tercatat seorang warga difabel turut mendaftar menjadi peserta seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Lolos Seleksi Administrasi

"Sejak awal, Timsel melakukan sosialisasi secara luas kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ambil bagian dalam proses demokrasi. Ini merupakan komitmen Timsel dalam menjamin hak-hak dasar setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu," jelasnya.

Timsel menerima berkas sebanyak 94 pendaftar pada hari penutupan pendaftaran pada Kamis (30/6). Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan rekrutmen sebelumnya di tahun 2017, yang diikuti 77 pendaftar.

Dari 94 pendaftar, sebanyak 62 orang di antaranya memiliki latar pendidikan strata satu (S1), 33 orang lain dengan latar pendidikan strata dua (S2), dan satu orang sisanya memiliki gelar S3.

Dari komposisi jenis kelamin, lanjut Mada, pendaftar calon anggota Bawaslu Yogyakarta masih didominasi laki-laki dengan persentase 74 persen, sedangkan perempuan 26 persen. Dari sisi usia, pendaftar terbanyak berusia 35-40 tahun yakni mencapai 32 persen.

"Hal ini menjadi angin segar bagi masa depan demokrasi kita karena kaum muda memiliki kepedulian dalam penyelenggaraan pemilu," tambahnya.

Bawaslu bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI untuk menjamin independensi dalam pelaksanaan tes tertulis. Selain itu, Bawaslu juga menggandeng Polri dalam melaksanakan tes psikologi.

Bagi peserta yang lolos ke tahap tes tertulis, katanya, wajib membuat makalah tentang ide, gagasan, dan inovasi pengawasan pemilu yang harus diserahkan saat tes tertulis pada 18 Juli 2022.

Sejumlah nama yang ditetapkan lolos seleksi administrasi telah diumumkan melalui laman https://timselprov.yogyakarta.bawaslu.go.id/test-tulis.

"Masyarakat dapat menyampaikan tanggapan atas nama-nama yang telah ditetapkan lolos seleksi administrasi melalui email, surat, atau menyampaikan secara langsung ke sekretariat," ujarnya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!