Berita DIY: Dua Orang di Yogyakarta Meninggal Akibat Leptospirosis, Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan
Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penularan leptospirosis karena tingkat kematian yang dinilai cukup tinggi.

“Sampai Juni, kami mencatat ada enam kasus leptospirosis dengan dua kematian atau 33 persen. Angkanya fatalitasnya cukup tinggi,” kata Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu di Yogyakarta, Senin.

Angka kasus pada 2022 tersebut sudah lebih banyak dibanding total kasus pada tahun sebelumnya yaitu lima kasus dengan satu pasien meninggal dunia seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Oleh karenanya, Endang mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai leptospirosis dan segera melakukan pengobatan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala sakit.

“Banyak masyarakat yang menganggap gejala yang dialami adalah flu biasa. Tetapi ternyata terjangkit leptospirosis. Jadi, begitu merasa sakit akan lebih baik jika langsung ke fasilitas kesehatan terdekat,” katanya.

Sejumlah gejala leptospirosis di antaranya demam, pusing, nyeri otot, nyeri betis, dan kekuningan di kelopak mata namun cukup jarang terjadi.

“Salah satu organ yang diserang adalah ginjal. Bahkan pasien bisa saja harus menjalani cuci darah,” katanya.

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka dan selaput lendir di mulut, hidung, dan mata. “Biasanya, orang yang terjangkit penyakit ini beraktivitas di daerah yang kotor, seperti tukang sampah atau saat kerja bakti membersihkan lingkungan,” katanya.

Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan menutup luka yang terbuka, memakai sepatu boot, sarung tangan saat bekerja di lingkungan yang kotor, dan segera membersihkan diri usai beraktivitas.

“Menjaga kebersihan lingkungan juga penting agar tidak menjadi sarang tikus. Jangan sampai ada tumpukan sampah karena bisa mendatangkan banyak tikus,” katanya.

Tikus yang terinfeksi bisa menyebarkan bakteri leptospira melalui urine dan darah.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, temuan kasus leptospirosis terbanyak pernah terjadi pada 2015 dengan sekitar 20 kasus dan enam kematian. Empat kasus kematian terjadi di Kecamatan Gondomanan dengan tiga di antaranya berada di wilayah yang sama.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!