Bupati Terpilih Sabu Raijua Orient Harusnya Dilantik Besok
Bupati Sabu Raijua, NTT terpilih Orient Patriot Riwu Kore (ANTARA)

Bagikan:

JOGJA – Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore harusnya dilantik besok 26 Februari 2021. Akan tetap pelantikan tersebut harus ditunda lantaran dugaan kasus kewarganegaraan ganda yang dimilikinya.

Orient berpasangan dengan Wakil Bupati terpilih Thobias Uly yang harusnya dilantik bersama 5 pasangan bupat terpilih NTT lainnya di antaranya Juandi David dan Eusabius Binsasi (Kabupaten Timor Tengah Utara), Khristofel Praing dan David Melo Wadu (Kabupaten Sumba Timur).

Kemudian ada Herybertus Nabit dan Heribertus Ngabut (Kabupaten Manggarai), Andreas Paru dan Raymundus Bena (Kabupaten Ngada), dan terakhir ada pasangan Edistasius Endi dan Yulianus Weng (Kabupaten Manggarai Barat).

Penundaan Pelantikan Sesuai dengan Surat Pemerintah NTT

Dikutip dari Antara, Kamis, 25 Februari, penundaan pelantikan telah sesuai dengan surat pemerintah Provinsi NTT terkait pemberitahuan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih yang diperoleh di Kupang.

Surat yang telah ditandatangani Sekda NTT, Benediktus Polo Maing tersebut ditujukan kepada lima dari enam pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Serentak tahun 2020.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Doris Rihi menjelaskan jika pelantikan bupati dan wakil bupati pada tahap pertama yang akan digelar pada Jumat, 26 Februari hanya untuk lima kabupaten.

Kemudian untuk Orient dan Uly waktu pelantikannya masih ditunda karena masih diproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penundaan pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Demokrat tersebut diduga lantaran persoalan Warga Negara (WN) Amerika Serikat yang dimiliki Orient.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sabu Raijua menyatakan jika telah menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bahwa Riwu Kore adalah warga negara Amerika Serikat.

Selain Bupati terpilih Sabu Raijua Orient, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!