Berita Kulon Progo: Bupati Kulon Progo Melantik 69 Kades Terpilih Pada Pilkades 2021
Bupati Kulon Progo lantik 69 kepala desa terpilih dalam Pilkades Serentak 2021

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebanyak 69 kepala desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021 dan mengharapkan mereka mampu membangkitkan ekonomi masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 dilantik oleh Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sutedjo.

Sutedjo di Kulon Progo, Selasa, mengharapkan kepala desa yang baru dilantik hasil pilkades pada 24 Oktober 2021 itu mampu mengayomi seluruh elemen masyarakat.

Bupati Kulon Progo Melantik 69 Kades Terpilih

"Sebagai pemimpin birokrasi pemerintah desa, kepala desa (kades) dituntut untuk menyelenggarakan pemerintahan secara transparan, akuntabel, profesional serta menerapkan asas-asas pemerintahan yang bersih," kata Sutedjo.

Ia meminta kades yang baru dilantik untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan akibat pademi COVID-19. Ia meminta agar pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus dilakukan sebagai stimulus dinamika perekonomian lokal yang dapat berkontribusi terhadap pendapatan asli desa.

"Selamat kepada 69 kades yang diambil sumpah dan dilantik pada hari ini. Selamat bekerja melaksanakan tugas melayani masyarakat, membangun kelurahan/desa, memberdayakan masyarakat, dan memajukan desa," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Bupati mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Desa Serentak 2021 cukup tinggi, di mana rata-rata tingkat partisipasi untuk 69 desa adalah 84.52 persen. Tingkat partisipasi tertinggi dalam satu desa sekitar 91,31 persen dan yang terendah sekitar 74,83 persen.

"Tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Desa Serentak Tahun 2021 menunjukkan tingginya perhatian masyarakat terhadap kontinuitas peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah desa yang dipimpin oleh kades untuk 6 tahun ke depan," kata Sutedjo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kulon Progo Ariadi berharap kepala desa yang dilantik agar menjalankan tugasnya dengan amanah sehingga mampu menyejaherakan masyarakat.

"Kami berharap kepala desa yang dilantik mampu membangkitkan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal," katanya.