Siap-Siap! Polda Akan Perbanyak Pemasangan Kamera ETLE di DIY
Kamera ETLE (Antara)

Bagikan:

Yogyakarta - Pemasangan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) akan makin diperbanyak oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Rencananya akan dipasang di beberapa wilayah hukum setempat usai program tersebut resmi diluncurkan Kapolri. 

"Kami sedang mendiskusikan dengan pemda untuk menambah titik pemasangan kamera ETLE yang baru," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY Komisaris Besar Polisi Yuliyanto di Mapolda DIY, Yogyakarta, Selasa.

Menurut Yuliyanto, beberapa bulan lalu sudah terpasang kamera ETLE di empat titik di DIY.

Empat lokasi itu yaitu di Simpang Ngabean (Kota Yogyakarta), simpang empat Banguntapan (Kabupaten Bantul), Simpang Maguwoharjo (Kabupaten Sleman), dan Kecamatan Temon (Kabupaten Kulon Progo).

Pelegalan ETLE di DIY

Meskipun demikian, pelegalan ETLE di DIY selama ini secara umum masih bersifat sosialisasi terhadap masyarakat.

"Sudah mulai dilakukan beberapa bulan yang lalu dalam taraf sosialisasi. Memang ada yang sudah dilakukan penilangan dengan ETLE dan ada yang sekadar teguran," kata dia.

Oleh karena itu, supaya lebih tepat sasaran Polda DIY bersama pemerintah tempat di tingkat provinsi dan kabupaten berusaha menambah spot pemasangan cara tilang elektronik itu.

"Sekarang sedang pembicaraan dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten bisa merealisasikan investasi ETLE ini, karena toh nanati juga akan berpengaruh terhadap pemerintah daerah," kata dia.

Menurut dia, kehadiran ETLE akan menjadi bagian membangun ketertiban masyarakat di DIY dalam berlalu lintas.

Selain POLDA DIY akan memasang banyak kamera ETLE ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!