TikTok Mampu Hapus 100 Komentar Negatif Sekaligus
Aplikasi TikTok (News and Star)

Bagikan:

YOGYAKARTA - TikTok membuat konten kreator lebih mudah untuk melaporkan komentar yang bernada merendahkan. Termasuk komentar yang bersifat cyber bullying, ujaran kebencian, hingga yang bersifat pelecehan seksual.

Melalui pembaruan yang diluncurkan perusahaan kemarin, Kamis, 20 Mei, aplikasi TikTok sudah ditambahi fitur anyar untuk memilih banyak komentar sekaligus. Bahkan, mengutip Newsroom TikTok, mencapai 100 komentar sekaligus!

Komentar yang dipilih nantinya bisa langsung dihapus. Atau, kreator video TikTok juga bisa melaporkannya serta memblokir banyak akun sekaligus.

Seperti diketahui, sebelumnya konten kreator hanya bisa menanggapi satu per satu komentar saja. Baik dalam hal melaporkan komentar, menghapus, hingga memblokir akun. Sehingga, pembaruan ini bakal membantu konten kreator, atau bahkan membuat netizen makin berani untuk menghapus komentar yang tidak ingin dilihat.

Agar Konten Kreator Makin Berani Berekspresi

Di sisi lain, fitur ini juga berperan banyak bagi platform TikTok itu sendiri. Pasalnya, algoritma milik TikTok bisa melambungkan siapa pun jadi bintang maupun tokoh berpengaruh secara instan. Membuat mereka ditonton jutaan orang yang tidak dikenal.

Kondisi tersebut tentu saja berdampak besar pada kreator musiman atau amatir. Sosok yang begitu rentan dalam menghadapi hate speech serta komentar negatif dari netizen.

Dengan begitu, fitur ini diharapkan bisa membantu kreator dalam menghadapi komentar-komentar negatif. Terutama untuk skala penonton TikTok yang begitu besar.

TikTok mengungkapkan bahwa fitur anyarnya tersebut sudah dirilis kemarin. Hanya saja, perilisan awal cuma berlangsung di beberapa negara terpilih saja.

Perusahaan menegaskan bahwa butuh waktu satu pekan agar aplikasi bisa dirilis secara global. Dan pada pembaruan nanti, TikTok juga sudah menyiapkan beberapa fitur anti pelecehan.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: TikTok Bisa Hapus 100 Komentar Negatif Sekaligus, saatnya merevolusi pemberitaan!