Harga Bitcoin Cs Merosot, Sentimen Negatif Buat Market Crash!
Penyebab bitcoin crash (Currency)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Uang kripto mengalami penurunan yang sangat tajam dalam beberapa hari terakhir. Penyebabnya adalah sentimen negatif terhadap Bitcoin (BTC) cs yang kian menguat.

Merosotnya harga uang kripto kali ini merupakan yang paling rendah sejak awal tahun 2021. Laporan dari Coinmarketcap menunjukkan harga Bitcoin mengalami penurunan hingga 20,84 persen, merosot tajam hingga menyentuh harga 38.804 dolar AS.

Sentimen Pada Bitcoin

Sentimen negatif menghantam Bitcoin dalam satu pekan ini. Tesla memutuskan untuk menghentikan pembelian mobil listriknya dengan menggunakan Bitcoin. Informasi tersebut diumumkan Elon Musk dalam beberapa hari lalu di akun Twitternya. Namun, Musk menegaskan tidak akan menjual Bitcoin miliknya.

Baru-baru ini, China melarang transaksi uang kripto yang dilakukan oleh bank, bursa kripto, dan sejenisya. Pemerintahan Xi Jinping itu mengimbau agar pemilik uang kripto tidak berkecimpung di ranah cryptocurrency mengingat volatilitasnya yang tinggi. Selain itu, tampaknya China berupaya menerapkan Yuan digitalnya guna membendung uang kripto.

Tiga badan industri negeri Tirai Bambu yang meliputi Asosiasi Perbankan China, Asosiasi Keuangan Internet Nasional China, dan Asosiasi Pembayaran dan Kliring China serempak melarang lembaga keuangan dan perusahaan menyediakan transaksi kripto.  

“Baru-baru ini, harga mata uang kripto telah meroket dan anjlok, dan perdagangan spekulatif mata uang kripto telah pulih. Ini secara serius melanggar keamanan properti, mengganggu tatanan ekonomi, dan keuangan secara normal,” ungkap ketiga badan industri tersebut sebagaimana dikutip dari CNBC International, Rabu 19 Mei.

Meskipun demikian, pemerintah China tidak melarang individu atas kepemilikan uang kripto. Itu artinya setiap orang masih bisa memiliki uang kripto karena pelarangan tersebut hanya berlaku untuk lembaga keuangan dan industri saja.

Sebelumnya, harga Bitcoin cs juga sempat mengalami crash akibat keputusan presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang menaikkan pajak sebesar 43,4 persen dari capital gain uang kripto. Namun, setelah itu harga uang kripto berangsur-angsur kembali pulih.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Harga Bitcoin Cs Terjun Bebas, Sentimen Negatif Bikin Market Crash!, saatnya merevolusi pemberitaan!