Nagita Slavina Jadi Duta PON Papua, 3 Artis Ajukan Protes
Nagita Slavina (Tangkapan Layar YouTube Rans Entertaiment)

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Nagita Slavina ditunjuk menjadi Duta PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Papua. Kabar tersebut disampaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dalam Youtube Rans Entertaiment. 

"Terimakasih banyak aku dipercaya jadi duta PON, Ikon PON, semoga dapat memberi mafaat yang positif buat banyak orang, masyarakat Papua, buat yang ikutan, dan buat semua masyarakat Indonesia," kata Nagita dikutip dari kanal YouTube rans Entertaiment, Jumat, 4 Juni.

Ternyata, penunjukan itu menimbulkan pro dan kontra. Di kolom komentar YouTube, banyak yang memberikan dukungan kepada Nagita danRaffi. Sementara di Instagram, beberapa artis memberikan kritik atas penunjukan Nagita sebagai Duta Pon Papua tersebut. 

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @arie_kriting, Arie menyuarakan pendapatnya terkait hal tersebut. Ia merasa bahwa Duta PON XX Papua seharusnya direpresentasikan oleh perempuan yang memang berasal dari Papua.

Nagita Slavina Jadi Duta PON Papua

Berikutnya, Arie Kriting juga melayangkan kritik dan menyebut penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation.

"Solusi dari saya, Duta PON XX Papua harus tetap perempuan Papua. Angkat lagi salah satu sosok perempuan Papua, @mikhelia atau @nereputri atau siapa yang dirasa memadai," tulis Arie di Instagram pribadinya. 

Senada dengan Arie Kriting, Dian Sastrowardoyo juga ikut menyuarakan pendapatnya atas penunjukan Nagita sebagai duta PON Papua XX. Dian bahkan memberikan dua kali memberikan pendapat. 

Awalnya, Dian menulis komentar, "hegemoni representasi." 

Kali kedua unggahan Dian lebih "Nagita itu teman saya, tapi Indonesia itu warna warni. Sudah waktunya saudara-saudara Papua merasa terwakili," tulis Dian Sastro di akun @therealdisastr.

Kedua komentar Dian ini langsung dihujani kritikan dari pendukung Nagita terhadap bintang AADC itu. "Bermuka 2 ngaku2 teman malu enggak malu lah masa enggak haha," tulis @ruids32898. 

"Jangan Nagita nya ysng lu salahin mbak... Dia mah cuma ditunjuk sebagai ikon. Gue yakin lu juga klo ditunjuk jadi ikon PON lu pasti mau enggak akan nolak..," tulis @nabilashirly. 

Artikel ini sudah tayang di VOI dengan judul: 3 Artis Ajukan Protes Atas Penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON Papua, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait