Inovasi Terbaru Xiaomi Bakal Ada Sistem Peringatan Gempa
Image Credit: Mateusz Tworuszka / Unsplash

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seperti fitur milik Google, pabrikan ponsel asal China, Xiaomi juga mengembangkan sistem peringatan dini bencana gempa. Notifikasi ini akan disematkan di semua gawai baru Xiaomi agar mempermudah pengguna.

Dikutip dari Gizmochina, fitur ini sudah diujicobakan pada 25 provinsi di China. Layanan ini diklaim efektif untuk menampilkan informasi peringatan bencana gempa, pada November 2019 lalu. 

Inovasi Terbaru Xiaomi

Setidaknya lebih dari 35 peringatan gempa bumi yang dicatat layanan Xiaomi. Tercatat lebih dari 12,64 juta pesan peringatan yang diterima penggunanya.

Pengguna ponsel Xiaomi tidak hanya dapat menerima informasi peringatan gempa tetapi juga dapat memantau gempa. Fitur ini menggabungkan algoritma dari artificial intelligence/AI dengan data sensor yang ada pada layanan emergancy service.

Perusahaan meyakini kehadiran fitur ini dapat membuat pemantauan gempa nasional dan jaringan peringatan dini lebih lengkap. Pengguna sistem MIUI dapat membuka pengelola ponsel dan mengklik fungsi peringatan gempa untuk bergabung dengan pemantauan gempa dan menjadi sukarelawan.

Fungsi pemantauan gempa dikembangkan bersama oleh Xiaomi dan Institut Penelitian Mitigasi Bencana Teknologi Tinggi Chengdu. Saat ini, beberapa ponsel Xiaomi atau Redmi dan sistem MIUI telah mendukung fitur ini.

Artikel ini sudah tayang di VOI dengan judul: Gawai Baru Xiaomi Bakal Ada Sistem Peringatan Gempa, saatnya merevolusi pemberitaan.