Berita Eksklusif: Ketua PPFI Deddy Mizwar: Orang Film Kreatif Tak Terdampak Pandemi
Deddy Mizwar (Foto Savic Rabos, DI RagaVOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebab itu artis pria yang namanya membumbung melalui film Naga Bonar ini paling tak sepakat dikala diajak minta keringanan atau bantuan terhadap pemerintah.

Baginya tidak ada urgensinya minta bantuan dan mengemis terhadap pihak lain termasuk pemerintah. Soalnya dikala ini para sineas dan pekerja film yang kreatif masih memperoleh pekerjaan.

Film Kreatif Tak Terdampak Pandemi

Volume pekerjaan dan budget memang tak sebesar sebelum pandemi, menurut H. Deddy Mizwar, S.Sn, S.E., M.I.Pol, hal itu memang sebuah keniscayaan. Karena di masa pandemi ini budget untuk membeli film dan hasil karya pekerja film memang terbatas. “Tapi pekerjaan itu ada dan cukup meski tak sebesar sebelum pandemi,” ungkapnya.

Jadi, kata pemeran Bang Jeck dalam sinetron Para Pencari Tuhan ini, insan film tetap mendapat pekerjaan, bahkan antrian pekerjaannya panjang lho. “Coba saja cari sutradara, DOP (Director of Photography), atau pemain film yang bagus di masa sekarang! Susah mencari mereka karena pekerjaan mereka banyak. Jadi mereka tetap bisa berkarya meski pandemi melanda. Jadi meski tak tahu kapan pandemi ini akan berakhir mereka tetap bisa berkarya,” lanjut suami dari Giselawati Wiranegara ini.

Makanya jangan coba-coba mengajaknya untuk mengemis meminta bantuan kepada pemerintah misalnya, dengan mengatasnamakan pekerja film. Soalnya yang terjadi pada pekerja film yang kreatif tidak seperti pekerja sektor tertentu yang terimbas pandemi COVID-19, mereka tetap dapat pekerjaan.

“Saya orang yang paling getol menentang saat ada yang bilang dan menyarankan kepada saya untuk meminta pada pemerintah. Mau minta batuan apa, kalau orang film yang kreatif sekarang ini mereka kebanjiran pekerjaan. Artinya apa mereka masih tetap bisa berkarya dan cari makan,” tandas Deddy Mizwar yang pernah menjabat sebagai wakil Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Ahmad Heryawan.

Baca selengkapnya di: Eksklusif, Ketua PPFI Deddy Mizwar: Orang Film Kreatif Tak Terdampak Pandemi