Kekayaan Pejabat Meningkat, Poster Minta Tolong Rakyat Miskin Ditarik Turun
Ilustrasi foto (Sumber Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Harta para pejabat atau penyelenggara negara naik selama pandemi COVID-19. Di sisi lain kemiskinan merata di kalangan penduduk Indonesia secara lazim. Lebih ironi lagi kalau mengamati penangkapan seorang peternak ayam sebab memrentangkan poster berisi pesan minta bantuan Jokowi di tengah kunjungan kerja Sang Presiden di Blitar, Jawa Timur.

Kekayaan pejabat atau penyelenggara negara meningkat sampai 70,3 persen selama pandemi COVID-19. Hal ini terkuak dari hasil analisa laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menerangkan analisa itu dijalankan dalam kurun waktu satu tahu ke belakang.

Kekayaan Pejabat Meningkat

“Kita amati juga selama pandemi setahun terakhir ini, secara umum penyelenggara negara, 70 persen hartanya bertambah,” ungkap Pahala dalam webinar bertajuk Apa Susahnya Lapor LHKPN Tepat Waktu dan Akurat, Selasa, 7 September.

Dari catatan itu diketahui ada 58 persen menteri yang kekayaanya bertambah lebih dari Rp 1 miliar. Ada 26 persen menteri yang kekayaannya juga bertambah namun di bawah Rp 1 miliar. Selain itu ada 3 persen menteri yang justru mengalami penurunan kekayaan. Dari lingkup DPR, ada 45 persen yang kekayaannya bertambah lebih dari Rp1 miliar.

Jumlah mereka juga dominan ketimbang anggota DPR yang kekayannya bertambah kurang Rp1 miliar (38%) atau yang melaporkan kekayaannya berkurang (11%). Di tingkat pemerintah daerah, baik kabupaten/kota atau provinsi, KPK mencatat tren sama. Sebesar 30 persen gubernur dan wakil gubernur melaporkan kekayaan bertambah lebih dari Rp1 miliar.

Sementara mereka yang kekayaanya bertambah kurang dari Rp1 miliar tercatat 40 persen. Di tingkat bupati/wakil bupati, KPK mencatat ada 18 persen dari mereka yang kekayaannya bertambah di atas Rp1 miliar. Meski begitu Pahala memandang kenaikan jumlah kekayaan para pejabat ini masih di taraf wajar. "Kita pikir pertambahannya masih wajar,” Pahala.

Baca selengkapnya di: Kekayaan Pejabat Naik, Poster Minta Tolong Rakyat Miskin Ditarik Turun