Hot News! FPI Baru yang di Sahkan Tito Berlandaskan 'Amar Makruf Nahi Mungkar,' Benarkah Itu?
Foto DOK Turnbackhoax

Bagikan:

YOGYAKARTA - Warganet gempar karena nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terseret unggahan video yang berasal dari Kanal Youtube Sniper Politik baru-baru ini.

Dalam narasi di thumbnail tersebut, Mentri Tito hadir ke markas FPI baru dan sahkan organisasi ini.

FPI Baru yang di Sahkan Tito

“KABAR TERBARU ~ TIT0 S4HKAN FP1 BARU | PER!NTAHKAN FP1 TEG4KKAN AM4R MA’RUF N4HI MUN9K4R | Viral” pada 10 September 2021. Pada thumbnailsnya tertulis narasi “~TITO KE MARKAS FP1~ SAHKAN FP1 BARU TITO PERINT4HKAN FP1 SERVKAN JIHAD LAW4N KEZOL!MAN,” demikian narasi yang ditulis Sniper Politik dikutip dari turnbackhoax, Rabu, 29 September.

Menurut hasil penyelidikan, dalam video itu tak terdapat pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkaitan FPI baru. Isi video yakni hasil suntingan sejumlah video dan pembacaan tulisan informasi.

Sejumlah video yang dicuplik, diinfokan dari turnbackhoax yaitu, video berjudul “Viral FPI Gelar Deklarasi di Bandung Barat” yang tayang di kanal Tribunjabar. Kemudian video berjudul “Massa Menuntut Pemprov Kaltim Tak Bubarkan FPI” yang tayang di kanal CNN Indonesia pada 30 Januari 2017.

Terakhir video berjudul “DEKLARASI FRONT PERSATUAN ISLAM ( FPI ) KUNINGAN” yang tayang di kanal Bingkai Warta pada 4 Januari 2021.

"Dari ketiga video tersebut tidak ditemukan pernyataan Mendagri Tito Karnavian," terang turnbackhoax.

Sementara artikel berita yang dibacakan dalam video ialah berjudul “Seret Nama Mendagri Tito Karnavian, Ketua PA 212: FPI Baru Ini Harus Didukung” yang tayang di fajar.co.id pada 9 September 2021.

"Di dalam artikel tersebut juga tidak ditemukan pernyataan Tito Karnavian. Artikel itu hanya berisikan pernyataan Ketua Presidium Alumni 212 (PA 212) Aminudin atas terbentuknya Front Persaudaraan Islam yang menggantikan Front Pembela Islam atau FPI,"

"Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, maka konten video dari kanal Sniper Politik masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi," demikian turnbackhoax.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Heboh Mendagri Tito Sahkan FPI Baru dan Berpesan Tegakan 'Amar Makruf Nahi Mungkar,' Benarkah?, saatnya merevolusi pemberitaan!