Temuan Dunia: Gerbang Masuk Kuil Zeus di Kota Kuno Magnesia Ditemukan Arkeolog
Arkeolog temukan gerbang masuk kuil Zeus di Kota Kuno Magnesia. (Sumber Anadolu Agency via Daily Sabah)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa sangka kota kuno di Yunani jadi rumah bagi dua kuil, satu untuk Artemis dan satu untuk Zeus. Dan diketahui saat ini arkeolog menggali gerbang masuk Kuil Zeus di kota kuno Magnesia di distrik Ortaklar di Provinsi Aydın selatan Turki.

Cagar alam Artemis, stadion, zona teater, 80 patung dan beragam barang sudah digali di kota kuno Magnesia sejauh ini, selama penggalian yang dipimpin oleh profesor asosiasi Departemen Arkeologi Universitas Ankara Görkem Kökdemir.

Berbincang-bincang terhadap Anadolu Agency (AA), Kökdemir mengatakan Magnesia merupakan kota terkemuka di zaman kuno dengan festival keagamaannya yang diadakan di kuil dan daerah suci.

Gerbang Masuk Kuil Zeus di Kota Kuno Magnesia

"Kami pikir kuil yang kami temukan di daerah ini sama pentingnya dalam sejarah arsitektur dengan Kuil Artemis terbesar keempat di Anatolia. Ini adalah kuil yang didedikasikan untuk Zeus," ujarnya mengutip Daily Sabah dari Anadolu 26 September.

Dia mengatakan, kota kuno Magnesia sebelumnya digali oleh orang Jerman yang membawa beberapa potongan Kuil Zeus ke Jerman, yang masih dipajang di Museum Pergamon Berlin.

"Tahun depan, kami akan mengungkap asal usul struktur yang dipamerkan di museum di Berlin. Ini adalah hal yang luar biasa. Sangat penting baik untuk literatur arkeologi maupun pariwisata. Jadi, kami sangat bersemangat," katanya.

"Ketika kita menggali candi ini sepenuhnya, mata komunitas arkeologi dunia akan berada di sini," sambung Kökdemir.

Melansir TRT World, Kökdemir mengatakan penggalian Magnesia sudah berlangsung selama 23 tahun atau sejak 1998. Sebelumnya, penggalian dipimpin oleh Profesor Orhan Bingol, yang kemudian setelah pensiun digantikan dengan Kökdemir

Menurut Kokdemir, Magnesia pertama kali digali pada masa pemerintahan Kekaisaran Ottoman oleh arkeolog Jerman bernama Carl Humann sekitar tahun 1890-an yang atas nama Pemerintah Jerman juga melakukan penggalian di Bergama dan banyak kota lain di Anatolia barat, Turki.

Baca selengkapnya di: Arkeolog Temukan Gerbang Masuk Kuil Zeus di Kota Kuno Magnesia