Berita Luar Negri: Polisi Israel Ditikam, Dua Warga Palestina Tewas Ditembak
Ilustrasi penangkapan warga Palestina oleh pasukan Israel. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tentara Israel menembak mati seorang Palestina di dekat perbatasan dengan Tepi Barat, sementara seorang lagi tewas sesudah menyusup ke pemukiman Yahudi di dalam kawasan pendudukan dengan pisau pada Hari Pekan, kata tentara Israel, yang memicu kekhawatiran perselisihan yang lebih luas akan timbul.

Insiden itu, bersama dengan penikaman seorang polisi di Yerusalem, terjadi sebagian jam sesudah pasukan Israel menangkap dua warga Palestina yang dicurigai menyelinap ke Israel, kemudian membunuh tiga orang di Kota Elad pada Hari Kemerdekaan Israel Kamis lalu. 

Tentara Israel mengatakan penembakan terhadap warga Palestina di dekat perbatasan Tepi Barat pada Hari Minggu, terjadi setelah "tentara melihat seorang tersangka yang berusaha secara ilegal melintasi pagar keamanan" di daerah Kota Tulkarm.

Dua Warga Palestina Tewas Ditembak

"Tentara beroperasi untuk menghentikan tersangka sesuai dengan prosedur operasi standar, menggunakan tembakan langsung," menurut juru bicara militer, melansir Reuters 9 Mei.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pria yang ditembak dalam peristiwa terseut dinyatakan tewas.

Beberapa jam kemudian, tentara mengatakan seorang warga sipil menembak seorang Palestina yang membawa pisau yang telah masuk ke pemukiman Tekoa di Tepi Barat.

Adapun pihak Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang warga Palestina berusia 17 tahun tewas di tempat kejadian.

Juga pada hari Minggu, polisi Israel mengatakan seorang Palestina menikam salah satu petugas mereka di luar Kota Tua Yerusalem dan ditembak. Keduanya dirawat karena luka mereka.

Pembunuhan tiga orang di Elad pada Hari Kamis telah menyebabkan perburuan tiga hari oleh pasukan Israel, terhadap dua penyerang bersenjata kapak yang telah berlari melalui kota, sekitar 15 km (sembilan mil) utara Tel Aviv.

Kedua pria itu ditangkap pada Hari Minggu di sebuah hutan dekat Elad, kata tentara Israel. Mereka telah diidentifikasi oleh Israel sebagai penduduk sebuah desa dekat kota Palestina Jenin di Tepi Barat.

Foto keduanya, yang tampak tidak terluka, dan petugas keamanan Israel dengan senjata diarahkan ke tempat persembunyian mereka, dibawa oleh situs berita Israel setelah mereka ditahan.

Sejak Maret, warga Palestina dan anggota minoritas Arab Israel telah menewaskan 18 orang, termasuk tiga petugas polisi dan seorang penjaga keamanan, dalam serangan di Israel dan Tepi Barat yang sebagian besar menargetkan warga sipil.

Adapun Israel telah melakukan serangan penangkapan di kota-kota dan wilayah Palestina yang sering memicu bentrokan, menyebabkan jumlah warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel atau warga sipil bersenjata sejak awal tahun menjadi setidaknya 42.

Korban termasuk anggota bersenjata kelompok militan, penyerang tunggal dan pengamat.

Terpisah, Hamas, kelompok bersenjata Palestina yang menguasai Gaza, memuji serangan Elad. Dikatakan serangan itu merupakan tanggapan atas tindakan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Diketahui, selama sebulan terakhir, warga Palestina dan polisi Israel telah berulang kali bentrok di kompleks sensitif tersebut.

Palestina dan Yordania, penjaga situs yang merupakan tempat tersuci ketiga dalam Islam, menuduh Israel tidak berbuat cukup untuk menegakkan larangan lama terhadap salat non-Muslim di sana, yang dibantah Israel.

Sementara, kompleks ini adalah situs tersuci Yudaisme dan sisa-sisa dua kuil Yahudi kuno. Israel merebut Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem Timur dalam Perang Timur Tengah 1967.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Polisi Israel Ditikam, Dua Warga Palestina Tewas Ditembak

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!