Pengumuman Dari Mendikbudristek, 173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Bisa Cek di Link Ini
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Irfan Meidianto VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Lebih dari 173.329 guru honorer lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal tersebut diumumkan langsung oleh Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

“Hari ini pemerintah mengumumkan 173.329 guru honorer berhasil lulus formasi pada ujian pertama dan akan segera diangkat menjadi guru PPPK,” ujar Nadiem dalam pengumuman hasil seleksi kompetensi guru ASN PPPK yang dipantau di Jakarta, Jumat.

173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK

Dengan demikian, 53,7 persen formasi guru sudah terisi dari 322.665 formasi guru ASN PPPK dengan pelamar pada ujian seleksi pertama.

Pada 2021, Pemerintah Sentra menyediakan 1.002.616 formasi guru PPPK. Tapi, cuma 506.252 yang diajukan oleh Pemda dan cuma 322.665 yang menerima pelamar pada ujian pertama. Dengan demikian, masih ada formasi kosong sebanyak 183.567.

“Ini merupakan hari bersejarah buat kita semua. Ini baru tahap pertama, dan akan ada tahap kedua dan ketiga. Ini baru proses pengangkatan guru PPPK,” kata Nadiem.

Bagi guru honorer yang belum lolos pada tahap pertama, lanjut Nadiem, pemerintah memberikan tiga kali kesempatan ujian untuk guru honorer. Guru honorer yang belum beruntung tersebut bisa mengikuti ujian pada tahun ini atau tahun depan.

“Bagi guru honorer yang lolos passing grade, tapi tidak mendapatkan formasi pada tahap pertama, pada tahap kedua dan ketiga akan ada optimalisasi formasi yang mendukung dan membantu guru tersebut menemukan formasi,” tambah dia.

Sementara bagi guru yang lolos passing grade, bisa mengikuti registrasi tahap kedua dan ketiga tanpa mengikuti tes lagi. Tapi, diperbolehkan jika ingin mengikuti tes seleksi lagi.

“Selamat pada guru honorer yang lolos ujian seleksi pertama dan mendapatkan formasi. Bagi yang belum lolos ujian seleksi pertama atau belum mendapatkan formasi, fokus belajar lagi untuk mengikuti ujian seleksi kedua dan ketiga,” ucapnya.

Tautan pengumuman dapat diakses melalui gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Mendikbudristek Umumkan 173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Bisa Dicek di Link Ini, saatnya merevolusi pemberitaan!