DPR Mendesak Kemendikbudristek Akomodir 193 Ribu Guru Honorer
Guru honorer asal Aceh Selatan Zubaidah menerima penghargaan Presiden RI di Jakarta,

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mendesak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengakomodir 193 ribu guru honorer yang hingga kini masih menunggu kepastian status.

"Banyak aspirasi dari 193 ribu guru honorer yang sudah lulus passing grade tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) namun belum ada formasi," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

DPR Mendesak Kemendikbudristek

Ia mengaku banyak menerima aspirasi dari guru honorer, misalnya mereka sudah lolos passing grade PPPK, namun belum mendapatkan posisi sehingga tak bisa bekerja.

Akibatnya, mereka terpaksa meminjam uang kepada kerabat dan tetangga untuk memenuhi kebutuhan hidup karena hingga kini belum mendapat kepastian dari Kemendikbudristek.

Ia membacakan surat guru honorer yang berisikan sudah tidak bekerja karena menunggu formasi, sehingga berdagang mainan anak-anak dengan cara berkeliling.

"Itu salah satu cerita nyata, mereka guru-guru kita yang sejak 2015 sudah mengabdi. Kita tidak tahu bagaimana cara rekrutmennya namun mereka mengisi kekosongan guru itu menjadi honorer," ujarnya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!