Erick Thohir: Kebangkitan Ekonomi Bisa Berawal dari Pandemi yang Melanda
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memulai dari daerah-daerah agar fondasi baru ekonomi negara ini semakin kuat, mengingat perekonomian bangsa ini yang sempat terhantam badai pandemi jadi upaya untuk membangkitkan kembali perekonomian kita.

Setiap daerah yang ada di seluruh pelosok nusantara menurut Erick Thohir harus bersatu dalam visi yang sama membangun peta jalan dan peta potensi daerah yang bertumbuh, maka kebangkitan yang diharapkan dapat terwujud tidak akan lama lagi.

Hal itulah yang menjadi harapan semua pihak, termasuk, misalnya, Menteri BUMN Erick Tohir saat menutup acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Pre Function Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 22 Oktober 2021.

Bisa Berawal dari Pandemi yang Melanda

Untuk tujuan yang mulia itu, Erick menyatakan siap bekerja sama dengan para bupati untuk membangkitkan ekonomi di daerah.

Semua menyadari bahwa dampak pandemi COVID-19 memang sangatlah berat karena menghancurkan sendi-sendi kehidupan, tidak hanya masalah kesehatan, namun juga masalah ekonomi.

Bahkan jika dibandingkan dengan krisis 1998 dan 2008 yang ketika itu hanya menyentuh sektor finansial, namun krisis yang terjadi saat ini benar-benar menciptakan kesenjangan yang sangat mengkhawatirkan. Di mana COVID-19 memunculkan yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin, yang besar makin besar dan yang kecil makin kecil.

Namun itu semua seharusnya konsisten meyakini bahwa UMKM dan ekonomi rakyat ini yang mesti mulai dibangkitkan.

Untuk menolong membangkitkan perekonomian itu, Erick benar-benar ingin naungan untuk membikin peta jalan kemudian memetakan potensi industri tempat masing-masing.

Oleh karena itu ia mengajak pemimpin daerah mulai benar-benar menyadari road map atau peta jalan ke depan, terlebih karena adanya pandemi ada industri yang hilang dan tumbuh.

Menurut Erick Thohir seperti dilansir Antara, jika pemangku kebijakan daerah tidak memetakan kekuatan masing-masing daerah, itu yang bisa membahayakan industri daerah yang tidak tumbuh.

Baca selengkapnya di: Erick Thohir Tegaskan Kebangkitan Ekonomi Bisa Berawal dari Pandemi yang Melanda