Jangan Mudah Percaya, Ini Cara Mudah Mengenali Penipuan Lowongan Kerja
Ilustrasi. Para pegawai yang bekerja di Tokopedia hanya melewati proses perekrutan lewat jalur resmi seperti website https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia. (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini Tokopedia membagikan tips kepada para pencari kerja agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan yang mencatut nama perusahaan. 

 Head of Recruitment Tokopedia Lita Rosalia menyampaikan setidaknya lima tips agar para pencari kerja bisa terhindar dari penipuan tersebut.

"Pastikan posisi yang ditawarkan tersedia di kanal resmi. Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia (https://id.linkedin.com/company/pt--tokopedia)," kata Lita dalam keterangan tertulisnya, Kamis seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mengenali Penipuan Lowongan Kerja

Tips kedua yang bisa diterapkan oleh para pencari pekerjaan adalah memperhatikan dengan seksama alamat pengirim email atau surat elektronik terkait lowongan pekerjaan tersebut.

Untuk rekrutmen pekerjaan di Tokopedia, secara resmi pihak perusahaan hanya mengirimkan surat elektronik dari domain "@tokopedia.com", jika ternyata ada email dari domain lainnya seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain bisa dipastikan tawaran tersebut bukan berasal langsung dari Tokopedia.

Selanjutnya, Lita juga memberikan tips agar para pencari pekerjaan bisa berhati-hati mengklik tautan ke situs website mencurigakan yang mengaku-ngaku sebagai perwakilan Tokopedia.

Kerap kali tautan situs web tersebut rupanya merupakan "phising" dan dikirim melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya.

"Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia," kata Lita.

Lita juga mengingatkan agar para pencari kerja bisa menaruh waspada dan curiga ketika tawaran lowongan kerja melakukan pungutan biaya.

Tokopedia selama melakukan pembukaan lowongan kerja tidak pernah mengambil pungutan biaya, jadi jika ternyata ada tawaran kerja yang mengharuskan peserta membayar sudah pasti bukan berasal dari Tokopedia.

Tips terakhir yang dibagikan Lita terkait dengan salah satu hal penting dalam pencarian kerja yaitu penawaran gaji.

Untuk perekrutan karyawan Tokopedia, sudah dipastikan penawaran gaji akan dilakukan melalui jalur email resmi dan tentunya sangat bersifat pribadi.

"Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com,” tutup Lita.

Apabila melihat atau menerima penawaran kerja yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, masyarakat dapat melaporkan melalui [email protected].

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!