Instagram Ubah Waktu Batas Harian Penggunaan Aplikasi, Kenapa?
Instagram kini ingin pengguna memanfaatkan waktu lebih lama di platform mereka. (foto: dok unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Instagram tanpa sepengetahuan siapa-siapa memperbarui fitur Batas Harian, yang memungkinkan pengguna mendapatkan pemberitahuan saat mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di aplikasi.

Tapi, alih-alih menambahkan lebih banyak kontrol, media sosial milik Meta itu sudah mengurangi pilihan waktu untuk pemberitahuan Batas Harian.

Sebelumnya perusahaan mendukung batas yang ditentukan pengguna untuk Instagram yang bisa serendah 15 menit atau bahkan 10 menit per hari, tetapi kini Instagram telah membatasi opsi waktu yang tersedia di aplikasi, sekarang mulai dari 30 menit.

Instagram Ubah Waktu Batas Harian

Alasan penghapusan fitur batas harian yang lebih pendek dari 30 menit, dikatakan Meta karena adanya peluncuran fitur manajemen waktu yang lebih baru, disebut Take A Break.

Raksasa teknologi itu mengatakan ingin hindari mengirim beberapa notifikasi kepada orang-orang secara bersamaan.

“Kami memiliki dua fitur manajemen waktu. Batas Harian kami yang ada menunjukkan pemberitahuan ketika Anda telah mencapai batas harian Anda, tetapi fitur terbaru kami Take A Break menunjukkan kepada Anda pengingat layar penuh untuk meninggalkan aplikasi, dan termasuk interval 10 menit," ujar Meta kepada TechCrunch, Selasa, 22 Februari.

"Kami mengubah opsi Batas Harian untuk menghindari mengirim banyak notifikasi kepada orang-orang secara bersamaan," imbuhnya.

Jadi opsi 10 menit bukannya menghilang, tetapi hanya terdapat dalam fitur anyar Take A Break. Diperkenalkan pada 2018 lalu, fitur Batas Harian datang ketika kekhawatiran yang melonjak atas dampak platform media sosial pada kesehatan mental remaja.

Meta mengumumkan akan memberi pengguna Instagram dan Facebook alat manajemen waktu baru, yang mencakup kemampuan untuk menetapkan waktu penggunaan sehari-hari.

Pengguna Dapat Melihat Rata-Rata Waktu Penggunaan

Pengguna juga dapat melihat rata-rata harian waktu yang dihabiskan di aplikasi seluler, berdasarkan penggunaan selama seminggu. Peluncuran fitur tersebut juga terkait dengan dorongan perusahaan yang lebih luas, mulai sekitar 2017, ketika ia terlibat dampak negatif media sosial.

Tak hanya mengurangi batas waktu, antarmuka pengaturan Batas Harian juga telah sedikit didesain ulang untuk menampilkan opsi waktu yang lebih lama terlebih dahulu dalam daftar (hingga tiga jam).

Sebagai informasi, perusahaan menyatakan pembaruan tersebut bertujuan untuk membuat opsi Batas Harian tidak membingungkan pengguna, perubahan itu dilakukan setelah laporan pendapatan Meta Q4 2021 mengungkapkan bahwa perusahaan telah merugi akibat penurunan pengguns.

Lagi pula, memaksa pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram memungkinkan perusahaan menargetkan mereka dengan lebih banyak iklan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ini Alasan Instagram Ubah Waktu Batas Harian Penggunaan Aplikasi!

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!