Mengingat Makin Tuanya Bumi, Jeff Bezos Akan Donasikan Rp14,2 Triliun untuk Atasi Perubahan Iklim
Jeff Bezos akan beri sumbangan 1 miliar dolar AS untuk dukung pencegahan climate change (TheVerge)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pendiri Amazon dan Blue Origin, Jeff Bezos menyuarakan bakal menyumbangkan uang sejumlah 1 miliar dolar AS (seimbang dengan Rp14,2 triliun) pada tahun 2021 ini. Donasi itu dimaksudkan untuk memberi dukungan kepada uapaya konservasi dan jadi komponen dari janji Bezos Earth Fund.

Sumbangan sejumal itu adalah salah satu komponen dari sempurna donasi senilai 10 miliar dolar AS (Rp142 triliun) yang dialokasikan untuk memberikan dukungan kepada para ilmuwan, penggiat, dan beragam organisai yang berprofesi menyelesaikan perubahan iklim sampai 2030 akan datang.

Jeff Bezos Akan Donasikan Rp14,2 Triliun

Kedepannya jatah dana itu diterapkan untuk menunjang restorasi lanskap dan transportasi metode pangan. Salah satu orang terkaya di Bumi itu mengatakan bahwa alam merupakan metode penunjang kehidupan yang dikala ini telah menjadi rapuh.

“Alam adalah sumber pendukung kehidupan kita dan itu rapuh,” kata Bezos sebagaimana dikutip dari CNBC International pada Rabu 22 September.

“Saya diingatkan tentang hal ini pada bulan Juli ini ketika saya pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin. Saya pernah mendengar bahwa melihat Bumi dari luar angkasa mengubah sudut pandang seseorang tentang dunia, tetapi saya mengira untuk seberapa banyak itu akan benar adanya," tambah Bezos.

Dana hibah dari Bezos Earth Fund dialirkan untuk membangun, memperluas, dan mengelola wilayah lindung dan konservasi. Beberapa besar konsentrasi Bezos Earth Fund tertuju pada wilayah Cekungan Kongo Afrika Tengah, Andes tropis dan juga kawasan Samudera Pasifik tropis. Lokasi-lokasi itu adalah sumber keanekaragaman hayati dengan stok karbon melimpah yang tersimpan di tanah dan lautan.

“Kondisi alam kita tidak lebih baik dari 500 tahun yang lalu, ketika kita menikmati hutan yang masih alami dan sungai yang bersih, dari zaman pra industri. Kita bisa dan harus membalikkan keadaan ini,” ungkap Bezos.

Pada bulan Juli lalu, Bezos resmi mengundurkan diri dari jabatan CEO Amazon. Dia menyerahkan tahtanya kepada Andy Jassy. Kemungkinan Bezos bakal menghabiskan lebih banyak waktunya untuk membantu permasalahan Bumi melalui Bezos Earth Fund dan juga akan fokus mengurusi perusahaan roket luar angkasanya, Blue Origin.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Bumi Sudah Tua dan Rapuh, Jeff Bezos Akan Donasikan Rp14,2 Triliun untuk Atasi Perubahan Iklim, saatnya merevolusi pemberitaan!