Warta Dunia: Jeff Bezos Menginginkan Stasiun Luar Angkasa Miliknya Dilengkapi Hotel
Stasiun luar angkasa milik Jeff Bezos bakal dilengkapi hotel (Futurizonte)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Stasiun luar angkasa sendiri, bernama Orbital Reef. Ke depannya, Orbital Reef tersebut akan menjadi stasiun antariksa komersil yang berukuran 2.972 meter persegi, hampir seukuran Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Rencananya akan dibangun oleh Bos perusahaan roket Blue Origin dan founder e-commerce Amazon, Jeff Bezos.

Di dalam Orbital Reef akan ada hotel luar angkasa dan ruangan yang khusus untuk keperluan riset astronomi. Orbital Reef akan didesain dengan arsitektur sistem terbuka sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan, jadi tidak hanya untuk kalangan tertentu saja.

Ingin Stasiun Luar Angkasa Buatannya Dilengkapi Hotel

Orbital Reef disebut bakal bisa diakses oleh agensi luar angkasa, perusahaan media dan travel, perusahaan teknologi, hingga pengusaha dan investor. Blue Origin juga mengklaim akan menyediakan layanan “end-to-end” bagi siapa saja yang ingin menggunakan layanan di stasiun, mulai dari transportasi, penyewaan ruang, bantuan teknologi hardware, hingga layanan robot.

Demi menciptakan agenda itu, pihak Blue Origin telah menjalin kerjasama dengan Sierra Space, lini perusahaan Sierra Nevada Corporation, dan Boeing, Genesis Engineering Solutions, Redwire Space, dan Arizona State University.

Tetapi sampai dikala ini Blue Origin belum mengumumkan jumlah anggaran untuk menempuh tekad besar itu. Jeff Bezos sendiri diinfokan akan memberikan suntikan dana sebesar 1 miliar dolar AS (seimbang Rp14,1 triliun) per tahun terhadap Blue Origin. The Verge melaporkan bahwa pengerjaan pembangunan stasiun luar angkasa Orbital Reef akan diawali pada 2025 sampai 2030.

Jeff Bezos tampaknya tidak puas dengan perusahaan roketnya saat ini. Oleh karena itu dia terus mengembangkan proyek-proyek besar di masa depan untuk Blue Origin. Pasalnya beberapa waktu lalu dia kecewa pada keputusan NASA yang memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX, dalam misi pendaratan di Bulan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Tidak Puas dengan Roket Blue Origin, Jeff Bezos Ingin Stasiun Luar Angkasa Buatannya Dilengkapi Hotel, saatnya merevolusi pemberitaan!