Hyundai Bakal Produksi Mobil Creta di Indonesia
Hyundai akan rakit mobil Creta pertamanya di pabrik Indonesia (Autopromag)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hyundai dikabarkan berencana merakit mobil Creta pertamanya di RI. Hal tersebut disampaikan Produsen mobil asal Korea Selatan itu di laman resminya pada Jumat 22 Oktober 2021.

Saat ini Creta merupakan salah satu mobil besutan Hyundai yang terlaris di dunia. Pihak Hyundai sendiri menyatakan bahwa SUV tersebut akan dikembangan untuk pangsa pasar Indonesia dengan sejumlah inovasi tambahan seperti desain yang lebih anyar dan berbagai fitur terbaru.

Bakal Produksi Mobil Creta di Indonesia

“SUV ini juga akan diproduksi secara lokal di Indonesia, di pabrik pertama Hyundai di Asia Tenggara,” kata pihak Hyundai di website resminya.

Selain pengumuman rencana tersebut, Hyundai juga membagikan sejumlah sketsa Creta termasuk tampilan interior dan eksterior kendaraan. Dalam sketsa tersebut terlihat tampilan mobil yang memiliki desain modern. Kendaraan berkapasitas 5 penumpang itu sudah terlebih dulu debut di China dan India.

Di sisi lain, beredar juga rumor yang menyebutkan bahwa Creta yang akan dirakit dan dipasarkan di Indonesia adalah versi 7 penumpang. Ini ditujukan untuk menyaingi SUV yang terlebih dulu ada di Indonesia seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan lainnya.

“Komitmen Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif menjadi motivasi kami dalam memberikan produk dan layanan unggulan kepada pelanggan Indonesia,” kata President Director Hyundai Motors Indonesia (HMID), SungJong Ha.

SungJong menjelaskan bahwa Creta akan mempunyai ciri khas yang kuat dan bakal dirancang sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.

“Hyundai Creta merupakan produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi serta didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup modern masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya, COO Hyundai Motor Asia Pasific, Lee Kang Hyun mengonfirmasi bahwa pabrik Hyundai yang terletak di Bekasi akan memproduksi satu contoh Internal Combustion Engine (ICE) di tahun 2021 ini. Pada tahun depan, Hyundai akan merilis dua contoh ICE dan satu kendaraan beroda empat listrik yang diproduksi di Tanah Air.

“Jadi memang tahun ini, kira-kira bulan Mei, sudah mulai pilot production. Akhir tahun ini akan meluncurkan ICE [Internal Combustion Engine] satu model,” ungkap Hyun dalam acara Investor Daily Summit 2021 yang diselenggarakan pada Rabu pada 14 Juli lalu.

“Terus tahun depan ada rencana mengeluarkan dua model ICE dan satu mobil listrik, sekitar mungkin bulan Maret, ini buatan CKD [completely knock down] di Indonesia tahun depan,” paparnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Hyundai Umumkan Mobil Creta Bakal Diproduksi di RI, saatnya merevolusi pemberitaan!