Manusia Salju Berhasil Ditangkap Teleskop Hubble di Pemandangan Unik Nebula
Teleskop luar angkasa Hubble kembali menangkap fenomena astronomi yang dijuluki Snowman Nebula

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nebula emisi yang berada di konstelasi Puppis di langit selatan membuat Teleskop luar angkasa Hubble kembali menangkap fenomena astronomi yang dijuluki Snowman Nebula.

Jaraknya sekitar 6.000 tahun cahaya dari Bumi. Nebula emisi adalah awan gas difus yang terisi oleh energi bintang masif di dekatnya sehingga mereka bersinar dengan cahayanya sendiri.

Manusia Salju Berhasil Ditangkap Teleskop Hubble

Saat bintang lahir di dalam nebula, mereka mengeluarkan energi dalam bentuk radiasi. Diketahui, radiasi dari bintang masif ini melepaskan elektron dari atom hidrogen nebula dalam proses yang disebut ionisasi.

Dikala elektron berenergi kembali dari yang lebih tinggi ke kondisi tenaga yang lebih rendah, mereka memancarkan tenaga dalam wujud sinar, menyebabkan gas nebula bercahaya.

Mengutip website sah NASA, Senin, 15 November, ionisasi inilah yang memberi nebula warna dan wujudnya yang cantik. Tapi, ada alasan tersendiri kenapa nebula ini dinamai Snowman alias manusia salju sedangkan tak tampak seperti itu.

Sebab, gambar khusus ini hanya menangkap sebagian kecil dari bentuk total nebula. Itu terlihat seperti bola gas dengan dua lobus atau aliran keluar kutub, tetapi gambar dari teleskop Hubble ini menangkap detail nebula yang berbentuk kurva terang disapu oleh gas dan debu bentuk simpul gelap di bagian kecil nebula.

Snowman Nebula juga dikenal sebagai Sharpless 2-302, salah satu objek dalam katalog sebagian besar nebula emisi yang disusun oleh astronom Stewart Sharpless saat ia berusaha mengidentifikasi area hidrogen terionisasi antarbintang, atau wilayah Hll.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Pemandangan Unik Nebula Manusia Salju Berhasil Ditangkap Teleskop Hubble, saatnya merevolusi pemberitaan!