Lazada Mendukung Praktik Keberlanjutan di Ekosistem Perdagangan Digital
Lazada luncurkan kampanye LazEarth (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform belanja daring Lazada berupaya mendukung praktik keberlanjutan atau sustainability melalui peluncuran kampanye LazEarth yang fokus terhadap pengurangan limbah plastik pada produk dan kemasan.

Sebagai informasi bahwa berdasarkan laporan ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in the ASEAN Member States 2021-2025, Asia Tenggara diperkirakan menghasilkan 31 juta ton limbah plastik setiap tahunnya.

Mengatasi hal itu, Lazada bekerja sama dengan brand dan mitra LazMall untuk membuat produk ramah lingkungan lebih mudah didapatkan dan dikenali oleh konsumen. Melalui kampanye LazEarth, Lazada akan menampilkan lebih dari 70 brand dan 5.000 produk khususnya dari kategori fesyen dan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) yang dibuat, dikemas, atau dikirimkan dengan mengurangi penggunaan plastik atau menggunakan plastik berkualitas lebih baik seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Lazada Mendukung Praktik Keberlanjutan

“Perdagangan digital terus menjadi salah satu pendorong pertumbuhan utama di Asia Tenggara. Karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk menjadikan keberlanjutan sebagai bagian inti dari strategi untuk membangun ekonomi yang lebih kuat dan lebih hijau,” ujar Magnus Ekbom, Chief Strategy Officer Lazada Group melalui siaran pers, Jumat.

“Kampanye LazEarth adalah bagian dari upaya Lazada untuk mengatasi permasalahan limbah plastik dan untuk membantu pelanggan kami membuat keputusan berdasarkan informasi atas produk berkelanjutan," imbuhnya.

Sejak tahun 2021, Lazada telah menawarkan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfilment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.

Selain itu, Lazada juga menjalin kemitraan dan menjalankan inisiatif sosial yang bertujuan untuk membangun ekosistem perdagangan digital yang berkelanjutan di Asia Tenggara.

Di Indonesia, unit usaha logistik milik Lazada yakni Lazada Logistics, berkolaborasi dengan beberapa mitra strategis diantaranya PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk memperkenalkan #BlueVehicle, armada pengiriman elektrik yang praktis dan ramah lingkungan.

Kemitraan tersebut memberikan akses penggantian baterai di ratusan lokasi strategis di Jakarta bagi mitra kurir Lazada Logistics, yang memungkinkan mereka untuk mengganti baterai dengan cepat dan melakukan pengiriman paket tepat waktu.

Chief Business Officer Lazada Group James Chang menambahkan, pihaknya sangat menyadari bahwa keberlanjutan dan penciptaan nilai merupakan hal penting bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

"Dengan peluncuran LazEarth, kami menantikan untuk bisa menjalin lebih banyak kemitraan dan menjalankan inisiatif ramah lingkungan yang bisa memberdayakan brand, mitra, dan pelanggan kami untuk bersama menciptakan kebiasaan berbelanja dan konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," katanya.

Untuk merayakan Hari Bumi, kampanye LazEarth akan berlangsung pada 23 April 2022 untuk memberikan penawaran dan promosi menarik kepada pelanggan Lazada saat mereka berbelanja produk ramah lingkungan.