Berita Kulon Progo: Binda DIY Intensifkan Vaksinasi Booster di Kulon Progo
Lansia di Pedukuhan Kagok, Desa Srikayangan, Kabupaten Kulon Progo, mengikuti vaksinasi booster yang dilaksanakan oleh Binda DIY bersama Puskesmas II Sentolo, Rabu (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta mengintensifkan vaksinasi booster atau dosis ketiga di Kabupaten Kulon Progo untuk mengantisipasi lonjakan varian baru yaitu sub varian BA.4 dan BA.5 yang penularannya jauh lebih cepat dibanding varian sebelumnya.

Koordinator Vaksinasi Kulon Progo Binda DIY Wuri Atmaja di Kulon Progo, Rabu, mengatakan hari ini, pelaksanaan vaksinasi di Pedukuhan Kagok (Kecamatan Sentolo) dan Derwolo (Kecamatan Pengasih).

"Saat ini, di Indonesia, khusus DIY mengalami lonjakan kasus harian COVID-19. Untuk itu, Binda DIY menggencarkan vaksinasi booster, tapi kami juga tetap melayani vaksinasi COVID-19 untuk dosis satu dan dua," kata Wury seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Intensifkan Vaksinasi Booster di Kulon Progo

Ia mengatakan sasaran utama adalah kelompok masyarakat usia rentan, seperti lansia. Target capaian vaksinasi booster ini sebanyak 300 sasaran setiap hari.

"Pelaksanaan vaksinasi booster ini, Binda DIY berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo," katanya.

Wury mengatakan kita semua tentu menginginkan masyarakat DIY khususnya Kulon Progo dapat terlindung dari paparan COVID-19 sub varian BA.4 dan BA.5. Vaksinasi booster tersebut merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien untuk membentengi masyarakat dari paparan COVID-19 sub varian BA.4 dan BA.5 yang lonjakannya diperkirakan akan terjadi pada Juli 2022 mendatang.

Selain itu, Binda DIY juga tidak henti-hentinya mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat dari semua kelompok usia agar tidak perlu takut atau ragu untuk mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan oleh BIN, Dinkes, maupun TNI/Polri, karena seluruh vaksin yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan adalah vaksin halal.

"Kami berharap masyarakat Kulon Progo dapat melengkapi vaksin primer (dosis I dan II) dengan vaksin booster, menjaga kesehatan pribadi serta tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan) secara ketat dimanapun berada guna membentengi diri dan keluarga dari paparan COVID-19 sub varian BA.4 dan BA.5," katanya.

Sementara itu, di Pedukuhan Kagok, puluhan lansia bersemangat mengikuti vaksinasi. Begitu juga dengan masyarakat umum juga banyak yang mendaftar diri.

"Kita itu disuruh sehat, tentu kita semangat ikut vaksin. Terima kasih Binda DIY yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 di wilayah kami," kata tokoh masyarakat Kagok Hadi Pranoto.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!