Berita Yogyakarta: Rektor UIN Yogyakarta Mendorong Wisudawan Harus Punya Cita-Cita Tinggi
Para wisudawan dan wisudawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode IV Tahun Akademik 2021/2022 di gedung perguruan tinggi negeri Islam tersebut, Rabu (10/8/2022). ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA -Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta, Prof. Al Makin mendorong para wisudawan dan wisudawati periode IV Tahun Akademik 2021/2022 harus mempunyai cita-cita yang tinggi dan berani mewujudkan mimpi tersebut.

"Kita harus berani membayangkan yang besar-besar, Musk dan Branson sudah mengirim orang ke luar angkasa dengan modal swasta. Jangan bercita-cita kecil dan minder, mari bermimpi dan melaksanakan mimpi itu," kata Rektor UIN dalam pidato sambutannya saat mewisuda 684 orang di UIN Suka Yogyakarta, Rabu.

Pernyataan Rektor UIN itu, mengutip kata-kata dalam biografi seorang milyuner terkenal dari Inggris, Richard Branson . Selain itu juga mengutip kisah sukses Elon Musk dan perjuangan Nabi Muhammad SAW seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Harus Punya Cita-Cita Tinggi

"Perjuangan Branson mungkin cocok untuk penyemangat hidup kita. Jadi jika kita mempunyai kesulitan dari kecil mungkin itu tantangan pertama untuk sukses," katanya.

Terdapat empat poin nasehat dari Rektor kepada wisudawan dan wisudawati, pertama yakni percayalah pada insting anda, bahwa anda bisa melakukannya. "Jika mempunyai pikiran, gagasan atau ide, lakukanlah jangan tunda. Jangan mendengar orang lain mengatakan tidak, atau tidak mungkin. Hajar saja," katanya.

Kedua, have fun, yakni menikmati dan bergembira dalam melakukan sesuatu. "Itu adalah kunci kita mencintai pekerjaan yang akhirnya membawa karir dan menghasilkan uang jika itu bisnis. Bergembira dan menikmati yang kita lakukan adalah kunci kesuksesan," katanya.

Ketiga, be bold, atauatau jangan menyesal kala kalah atau tidak berhasil. "Jangan pernah tengok ke belakang, teruslah maju ke masa depan. Kita tidak bisa mengubah masa lalu. Tetapi kita bisa belajar dari masa lalu. Jika Anda bermimpi tentang sesuatu, lakukanlah segera. Jangan ragu," katanya.

"Keempat, challenge yourself, Jika kita tantang diri sendiri, kita akan berkembang. Hidup akan berubah karena tantangan. Tidak mudah mencapai tujuan, tetapi tidak ada alasan untuk berhenti. Tetapi katakan pada diri sendiri, Saya bisa melakukannya," katanya.

Sebanyak 684 orang yang diwisuda itu terdiri 549 orang lulus Sarjana (S1), 133 orang lulus Program Magister (S2), dua orang lulus Program Doktor (S3).

Terdapat dua orang wisudawan terbaik, yang pertama yaitu, Dr. Ali Sodiq adalah Tenaga Kependidikan UIN Sunan Kalijaga, yang sekarang menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Program Doktoralnya diraih dalam waktu tiga tahun lima bulan 14 hari dan lulus dengan predikat Cumlaude.

Yang kedua, wisudawan S1, yaitu Fayyad Aunilbar, dari Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, adalah lulusan difabel yang meraih predikat Cumlaude. Selama kuliah Fayyad aktif mengikuti berbagai kompetisi di bidangnya baik tingkat nasional maupun internasional.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!