Menengok Buick, Mobil Kepresidenan Pertama Sang Proklamator
Buick, mobil dinas pertama Presiden Soekarno dipamerkan dalam pameran mobil kepresidenan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat,

Bagikan:

YOGYAKARTA - Istana Kepresidenan menggelar pameran mobil kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI).

Sebanyak tujuh kendaraan dinas kepala negara dari tujuh periode pemerintahan RI dipamerkan dalam gelaran yang berlangsung hingga 31 Agustus 2022 tersebut.

Salah satu yang menjadi primadona adalah Buick seri 8, mobil kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan digunakan oleh Presiden Soekarno.

Mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan operasional Sang Proklamator dalam rentang tahun 1945 hingga 1949.

Mobil berkelir hitam dengan plat nomor bertuliskan REP-1 itu dikeluarkan oleh Buick Motor Division dan rilis pada tahun 1939 dengan kapasitas mesin 5247 cc seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mobil Kepresidenan Pertama Sang Proklamator



Eksteriornya berwarna hitam dengan gril besar pada bagian depan. Sementara interiornya didominasi material kain berwarna cokelat yang membalut bagian kursi dan atap kabin.

Interior Buick, mobil dinas pertama Presiden Soekarno, dipamerkan dalam pameran mobil kepresidenan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2022) 
Interior Buick, mobil dinas pertama Presiden Soekarno, dipamerkan dalam pameran mobil kepresidenan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu 


Yang unik, terdapat kaca besar yang menjadi pembatas antara kursi baris depan dan belakang. Kaca tersebut dapat dibuka dengan menggunakan tuas putar.

Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan mengatakan mobil yang telah berusia 83 tahun itu itu masih terawat dengan baik dan dapat beroperasi.

"Ini masih bisa jalan," ujar dia pada Sabtu.

Sejarah yang menyertai mobil ini pun menarik. Mulanya, mobil ini dimiliki oleh Departemen Perhubungan Jepang, dan merupakan sebuah "barang curian".

Sahabat Soekarno, Sudiro, mendekati sopir mobil REP-1 yang sedang beristirahat, dan merayu si sopir untuk memberikan kunci mobil kepadanya.

Sudiro lalu membawa mobil ke kediaman Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, dan sejak itu digunakan untuk pelaksanaan tugasnya sebagai presiden.

Selain Buick-8, terdapat sejumlah mobil kepresidenan lain yang dipamerkan, seperti Mercedes-Benz S280 berkelir putih yang digunakan oleh Presiden Soeharto, Ibu Negara Tien Soeharto, Presiden BJ Habibie, dan Abdurrahman Wahid.

Kemudian dua unit Cadillac Fleetwood Brougham yang pernah menjadi kendaraan Presiden BJ Habibie, serta Mercedes-Benz Sedan S600 Guard yang merupakan kendaraan kepresidenan era Presiden SBY dan Joko Widodo.

Selain mobil kepresidenan, turut dipamerkan arsip-arsip kepresidenan seperti dokumentasi foto dan video negara yang kemungkinan besar masyarakat belum pernah melihatnya.


Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!