Pengertian dan Sejarah Hacker di Dunia Lengkap dengan Tokohnya yang Paling Terkenal
Ilustrasi hacker ( Kevin Ku on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Topik terkait pengertian dan sejarah hacker di dunia sempat jadi pokok pembicaraan masyarakat, terutama sejak kemunculan Bjorka yang membocorkan sejumlah data pribadi pejabat pemerintah Indonesia. Di luar dari itu, kemunculan hacker tidak hanya terjadi di Indonesia. Lalu, bagaimana awal mula kemunculan mereka?

Pengertian dan Sejarah Hacker

Patut diketahui, di Indonesia, kata “hacker” memiliki padananan kata lain yakni “pembajak” dan “peretas”. Di KBBI, pembajak merujuk pada dua pengertian yakni orang yang membajak dan alat yang digunakan untuk membajak.

Sedangkan pengertian peretas merujuk pada beberapa pengertian. Namun pengertian yang terkait teknologi, peretas adalah orang yang terobsesi untuk mengetahui lebih banyak tentang komputer dan orang yang mengakses komputer orang lain tanpa izin, biasanya dengan bantuan teknologi komunikasi.

Jika merujuk pada pengertian bahasa, hacker, pembajak, atau peretas tak memiliki konotasi negatif. Dalam konteks teknologi, hacker adalah istilah yang disematkan kepada seseorang yang mempelajari, menganalisa, atau melakukan kerja profesional lain terkait jaringan komputer. Pengertian ini kemudian semakin meluas hingga merambah ke dunia jaringan internet untuk tujuan tertentu.

Kemunculan hacker di dunia tak bisa duiketahui dengan pasti. Ada banyak versi sejarah yang menceritakan kelahiran para peretas. Akan tetapi, berbagai sumber menjelaskan bahwa terminologi hacker pertama kali muncul sekitar tahuun 1950-an.

Dikutip dari Detikcom, laman University of Utah menjelaskan bahwa sejarah awal hacker bersinggungan dengan mahasiswa di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT) sekitar tahun 1950-an dan 1960-an.

Saat itu mereka memang melakukan eksplorasi jaringan pertukaran telepon dan sistem kontrol Tech Model Railroad Club. Mereka menghabiskan waktu dengan komputer di Laboratorium AI milik MIT yang dikepalai oleh seorang pria bernama Marvin Minsky. Ia menyatakan bahwa dirinya terkesan dengan para hacker komputer.

Banyak yang menilai bahwa persebaran komputer di berbagai wilayah juga berkat jasa para hacker komputer. Bahkan, di pertengahan 1960-an kegiatan hacking mulai berkembang di kampus lain seperti Carnegie Mellon University dan Stanford University.

Sedangkan dalam situs Britannica dikatakan bahwa di tahun 1950-an sejumlah hacker phreaks (phone freaks) membangun jaringan khusus yang digunakan untuk komunikasi sesama phreaks. Jaringan tersebut bahkan dikembangkan di berbagai wilayah.

Phreaks ternyata tak hanya saling berkomunikasi. Mereka melakukan hacking terhadap sistem jaringan komputer pemerintah dan perusahaan di akhir 1970-an. Saat itu pertumbuhan dan penyebaran sistem papan buletin komputer (BBS) mulai tersebar.

Konotasi negatif yang melekat pada hacker mulai negatif sekitar tahun 1983. Di beberapa situs dikatakan bahwa di tahun tersebut FBI juha berhasil menangkap sekumpulan kriminal komputer The 414s di Milwaukee, Amerika Serikat.

Mereka melakukan pembobolan terhadap 60 buah komputer yang dimiliki oleh Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering. Bahkan mereka membobol komputer di Laboratorium Nasional Los Alamos.

Hacker Terkenal di Dunia

Hacker mulai mendapat sorotan lantaran aksi mereka yang melakukan pembajakan ilegal pada komputer atau jaringan pemerintahan. Salah satu hacker terkenal di dunia yang cukup dikenal bernama Jonathan James. Ia bahkan dikenal dengan sebutan lain yakni Comrade di Internet.

Jonathan melakukan peretasan terhadap perusahaan besar seperti Bell South, Miami-Dade, bahkan Departemen Pertahanan AS di tahun 1999. Aksi peretasannya di Departemen Pertahanan Amerika membuat NASA terpaksa mematikan komputer selama tiga minggu. NASA juga mengalami kerugian hingga US$41 ribu. Sayangnya ia ditemukan tewas karena bunuh diri pada bulan Mei 2008.

Itulah pengertian dan sejarah hacker di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.