Temuan Peneliti: Cara Mengontrol Tanaman Venus Flytraps Pakai Smartphone
Peneliti dari Nanyang Technology University (Dok. Nanyang Technology University)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peneliti asal Singapura berhasil menemukan cara untuk mengontrol tanaman Venus Flytrap menggunakan sinyal elektrik dari smartphone. Mereka berharap inovasi ini bisa membawa banyak manfaat, baik di bidang robotik hingga memanfaatkan tanaman sebagai sensor lingkungan.

Peneliti asal Nanyang Technological University (NTU), Luo Yifei, mendemonstrasikan bagaimana sinyal dari aplikasi smartphone dikirimkan ke elektroda mungkin yang dipasang pada tanaman.

Dari sinyal yang dikirimkan itu, peneliti berhasil membuat jebakan, yang biasanya dipakai Venus Flytrap untuk memerangkap serang, jadi tertutup.

“Tanaman itu seperti manusia, mereka menghasilkan sinyal listrik, seperti ECG (electrocardiogram) dari jantung,” ungkap Luo yang bekerja di NTU School of Material Science and Engineering kepada Reuters.

Inovasi yang Tidak Merusak Tanaman

Luo mengungkapkan bahwa temuanya  ini merupakan teknologi non-invasive. Artinya, teknologi tersebut tidak akan melukai maupun merusak tanaman Venus Flytraps yang dipakai sebagai bahan uji coba.

Menggunakan teknologi tersebut, Luo awalnya mendeteksi kemunculan sinyal dari bagian permukaan tanaman. Di samping itu, Luo dan kelompoknya juga mencopot bagian jebakan dari tanaman tersebut. Bagian ini diganti menjadi tangan robot yang mampu mencengkeram setelah dikirimi sinyal.

Dengan begitu, tanaman pun bisa dimanfaatkan sebagai robot halus yang berfungsi untuk mengambil sesuatu yang rapuh dan mudah rusak akibat genggaman tangan industrial. Terlebih, tangan robot yang dikembangkan Luo bersama tim diakui lebih ramah lingkungan.

Melalui temuannya ini, Luo berhasil membuktikan bahwa komunikasi antara manusia dan tanaman tidak berlangsung satu arah. Melainkan dua arah, di mana masing-masing pihak saling mengirim dan menerima sinyal.

Oleh karena itu, tim peneliti NTU pun berharap bahwa hasil penelitiannya bisa dipakai untuk mendeteksi sinyal dari tanaman. Nantinya, sinyal tersebut bisa dianalisa untuk mengidentifikasi kemunculan hal-hal yang menyimpan atau potensi penyakit, sebelum akhirny gejala yang makin kentara pun muncul.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Peneliti Temukan Cara Mengontrol Tanaman Venus Flytraps Pakai Smartphone, saatnya merevolusi pemberitaan!