Demi Lovato Identifikasikan Dirinya sebagai Non-Biner, Apa Maksudnya?
Demi Lovato (Instagram @ddlovato)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyanyi pop Demi Lovato mengumumkan bahwa dirinya seorang non-biner dan mengubah panggilan dengan 'they/them' (mereka), bukan 'she' (dia untuk perempuan). Penyanyi berusia 28 tahun itu mengungkap, hal ini terjadi setelah dirinya sekian lama merefleksi diri.

Lovato, mengalami overdosis obat-obatan yang nyaris merenggut nyawanya pada 2018, juga mengakui dirinya panseksual saat tampil di podcast Joe Rogan Maret lalu.

"Setiap hari kita bangun, kita diberi kesempatan dan kesempatan lain untuk menjadi yang kita inginkan dan inginkan," tulis Lovato dalam caption-nya di Instagram.

"Saya telah menghabiskan sebagian besar hidup saya tumbuh di depan kalian semua ... Kalian telah melihat yang baik, yang buruk, dan segala sesuatu di antaranya. 

"Bukan hanya hidup saya telah menjadi perjalanan untuk diri saya sendiri, saya juga hidup untuk mereka yang berada di sisi lain kamera."

"Hari ini adalah hari di mana saya sangat bahagia untuk berbagi lebih banyak tentang hidup saya dengan kalian semua - saya bangga membiarkan kalian tahu bahwa saya mengidentifikasi sebagai non-biner dan secara resmi akan mengubah kata ganti saya menjadi they/them (mereka) di masa mendatang.

"Ini terjadi setelah saya menjalani penyembuhan (akibat overdosis) dan merefleksi diri. Saya masih belajar dan menjadi diri saya sendiri, dan saya tidak mengklaim sebagai ahli atau juru bicara.

"Berbagi ini dengan Anda sekarang membuka tingkat kerentanan lain bagi saya. Saya melakukan ini untuk mereka di luar sana yang belum dapat berbagi siapa mereka sebenarnya dengan orang yang mereka cintai.

"Harap tetap hidup dalam kebenaran kalian dan ketahuilah bahwa saya mengirimkan begitu banyak cinta kepada kalian."

Apa artinya menjadi non-biner?

Gagasan tentang 'pria' atau 'wanita' adalah konsep yang cukup jelas untuk dipahami. Tetapi, beberapa orang memiliki jenis kelamin yang mencampurkan unsur-unsur keduanya atau sama sekali berbeda. 

Ada beberapa yang tidak mengidentifikasi dengan salah satu gender, sementara yang lain menemukan bahwa gender mereka berubah seiring waktu.

Secara khusus, orang yang tidak melihat dirinya sebagai laki-laki atau perempuan menyebut diri mereka sebagai non-biner.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar transgender, misalnya, bukanlah non-biner karena mereka memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan. 

Orang interseks juga belum tentu non-biner, karena mereka biasanya mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Demi Lovato Mengidentifikasi Diri sebagai Non-Biner, Apa Artinya?, saatnya merevolusi pemberitaan!