Otoritas AS: Mayoritas Kasus Varian Omicron Ditemukan pada Mereka yang Divaksinasi Lengkap dan Booster
Presiden Joe Biden saat meninjau sentra vaksinasi COVID-19. (Wikimedia Commons Official White House Photo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Varian Omicron yang diidentifikasi di Amerika Serikat sejauh ini terjadi pada orang yang divaksinasi lengkap, dari sebagian besar dari 43 kasus COVID-19 di sana. Dengan sepertiga dari mereka telah menerima dosis booster, menurut laporan AS yang diterbitkan pada hari Jumat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan, dari 43 kasus yang dikaitkan dengan varian Omicron, 34 orang telah divaksinasi lengkap. Empat belas dari mereka juga telah menerima dosis booster, meskipun lima dari kasus tersebut terjadi kurang dari 14 hari setelah dosis booster sebelum perlindungan penuh dimulai, mengutip Reuters 11 Desember.

Ditemukan pada Mereka yang Divaksinasi Lengkap dan Booster

Meskipun jumlahnya sangat kecil, hal itu menambah kekhawatiran yang berkembang bahwa vaksin COVID-19 saat ini mungkin menawarkan perlindungan yang lebih sedikit terhadap varian baru yang sangat mudah menular.

Varian Omicron dari virus corona telah ditemukan melalui pengujian di sekitar 22 negara sejauh ini, setelah pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan dan Hong Kong pada akhir November.

Di antara kasus Omicron, 25 kasus terjadi pada orang berusia 18 hingga 39 tahun dan 14 di antaranya telah melakukan perjalanan internasional. Enam orang sebelumnya telah terinfeksi virus corona.

Sebagian besar dari mereka hanya mengalami gejala ringan seperti batuk, sesak, dan kelelahan, kata laporan itu, dan satu orang dirawat di rumah sakit selama dua hari. Gejala lain yang dilaporkan lebih jarang termasuk mual atau muntah, sesak napas atau kesulitan bernapas, diare dan kehilangan rasa atau bau.

CDC mengatakan, sementara banyak kasus Omicron pertama yang dilaporkan tampaknya ringan, ada jeda antara infeksi dan hasil yang lebih parah. Gejala juga diharapkan lebih ringan pada orang yang divaksinasi dan mereka yang pernah terinfeksi SARS-CoV-2 sebelumnya.

Kasus varian Omicron AS pertama yang diketahui diidentifikasi pada 1 Desember, ketika orang yang divaksinasi lengkap yang telah melakukan perjalanan ke Afrika Selatan. CDC mengatakan, tanggal paling awal timbulnya gejala adalah 15 November pada seseorang dengan riwayat perjalanan internasional.

Kendati demikian, varian Delta masih menyumbang lebih dari 99 persen dari semua kasus AS. Namun laporan dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa varian Omicron sangat menular.

Bahkan jika sebagian besar kasusnya ringan, varian yang sangat menular dapat menyebabkan infeksi yang cukup untuk membanjiri sistem kesehatan, CDC memperingatkan.

Untuk dikenal, studi lab yang dirilis pekan ini menonjolkan varian Omicron akan menumpulkan daya perlindungan dari dua dosis vaksin Pfizer dan BioNTech, sedangkan dosis ketiga bisa memulihkan perlindungan itu.

Sementara, otoritas AS sudah meresmikan dosis booster vaksin COVID-19 untuk seluruh orang Amerika berusia 16 tahun ke atas.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Otoritas AS Sebut Mayoritas Kasus Varian Omicron Ditemukan pada Mereka yang Divaksinasi Lengkap dan Booster, saatnya merevolusi pemberitaan!