Berita Bantul: Pemkab Bantul Tidak Menutup Destinasi Wisata Saat Perayaan Tahun Baru
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai rakor komprehensif Persiapan Natal dan Tahun Baru di Bantul, DIY

Bagikan:

YOGYAKARTA - Semua destinasi wisata daerah ini pada libur perayaan Tahun Baru 2022 meski masih dalam situasi pandemi COVID-19 tidak ditutup dan kebijakan itu berasal dari Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pada perayaan Tahun Baru 2022 kita tidak menutup destinasi wisata, namun kita berharap pengelola dan pihak terkait dapat bersinergi untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penularan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Selasa.

Hal tersebut dikatakan Bupati dalam pengarahan pada acara Rapat Komprehensif Persiapan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di masa pandemi COVID-19 bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bantul yang diikuti seluruh camat se-Bantul secara virtual.

Tidak Menutup Destinasi Wisata Saat Perayaan Tahun Baru

Rapat komprehensif itu merupakan bentuk tindak lanjut dari pengarahan Presiden yang menyerukan kepada seluruh kepala daerah untuk mengantisipasi penularan COVID-19 baik varian lama maupun varian Omicron selama masa Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia, dengan tidak menutup destinasi wisata harapannya kegiatan pariwisata tetap menggeliat dengan penerapan protokol kesehatan ketat, dan dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat kawasan wisata maupun penyedia jasa usaha pariwisata.

"Harapannya roda perekonomian tetap dapat berjalan, meskipun pencegahan penularan dan pemulihan ekonomi adalah dua sisi yang berbeda, namun hal itu masih dapat disiasati dengan penerapan wisata sehat berdasarkan protokol kesehatan," katanya.

Dengan demikian, kata Bupati, langkah pencegahan penularan COVID-19 dan pemulihan ekonomi dampak pandemi tersebut dapat berjalan beriringan.

"Kepada jajaran Satpol PP, kecamatan dan kelurahan agar dapat memantau situasi dan kondisi masyarakat di lingkungan masing-masing, sehingga dapat mencegah adanya kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerawanan," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Meski demikian, Bupati mengimbau seluruh masyarakat Bantul agar merayakan Tahun Baru secara sederhana dengan keluarga, sehingga dapat dijadikan momentum dalam mempererat tali kekeluargaan.

"Dan kami apresiasi kepada segenap jajaran TNI Polri serta elemen masyarakat lain termasuk para relawan yang bersinergi, bahu membahu dalam penanganan pandemi, serta tidak lelah untuk terus mengedukasi masyarakat demi terwujudnya Bantul sehat," katanya.