Berita Kulon Progo: Dinkes Kulon Progo Belum Menerima Laporan KIPI Vaksinasi 6-11 Tahun
Petugas kesehatan melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kulon Progo. (ANTARA)

Bagikan:

Yogyakarta - Adanya kejadian ikutan pasca imunisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun yang dimulai dari 20 Desember sampai saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum menerima laporan.

"Sampai saat ini, kami belum mendapat laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Kami berharap tidak mendapat laporan, dan pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun berjalan lancar dan selesai sesuai target, yakni 31 Desember 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Kamis.

Belum Menerima Laporan KIPI Vaksinasi 6-11 Tahun

Namun demikian, Sri Budi Utami mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tim khusus KIPI Kulon Progo dengan melibatkan dokter spesialis anak untuk memantau adanya KIPI dalam pelaksanaan vaksinasi pada anak ini.

"Pemantauan vaksinasi anak ini lebih banyak, karena banyak melibatkan 35.457 anak. Jumlah ini tidak sedikit, sehingga tim KIPI melaksanakan monitoring juga lebih ketat," katanya.

Sri Budi mengatakan dalam pelaksanaan monitoring KIPI ini, tim memberikan nomor telepon perorangan supaya dihubungi dengan cepat bila ada KIPI vaksinasi anak 6-11 tahun.

"Tim akan bergerak cepat melakukan tindakan bila dibutuhkan. Sehingga dampak vaksinasi anak dapat ditekan semaksimal mungkin," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Dia mengatakan sampai saat ini, capaian vaksinasi anak 6-11 tahun dengan perhitungan manual sudah mencapai 19 persen atau 6.736 dari target 35.457 sasaran.

"Dalam tiga hari terakhir, sejak Senin (20/12), kami telah mencapai vaksinasi anak 6-11 tahun sebanyak 19 persen dari target 35.457 sasaran. Rata-rata per hari 8 persen. Capaian harian vaksinasi anak bisa bertambah seiring kesiapan masing-masing sekolah," katanya.