Puan Maharani Ingin Tak Ada Penundaan dan Menyukseskan Pemilu 2024
Puan Maharani/Foto: Antara

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa tanggal Pemilu Serentak 2024 sudah disepakati oleh DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu, yaitu pada 14 Februari 2024.

Maka, Puan mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi lima tahunan itu. Menurutnya, Pemilu 2024 yaitu alat demokrasi untuk mengabsorpsi aspirasi rakyat dan menjadi tanggung jawab bersama. 

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan Pemilu 2024 sebagai alat demokrasi yang berkualitas dalam menyuarakan kehendak rakyat,” tegas Puan lewat akun Twitter pribadi, Rabu, 16 Maret. 

Puan Maharani Ingin Tak Ada Penundaan

Puan mengisyaratkan, tidak ada penundaan untuk Pemilu 2024 sebagaimana diusulkan mundur hingga dua tahun mendatang. Ditegaskannya, DPR RI tengah fokus mengurusi segala tahapannya bersama penyelenggara pemilu. 

"Untuk itu saya selaku pimpinan DPR fokus pada tahapan pelaksanaan pemilu, mulai dari urusan anggaran regulasi dan persiapan teknis. Sebab dalam situasi COVID-19 saat ini pelaksanaan pemilu tentu saja berbeda situasinya," kata Puan. 

Puan mengaku mengambil pelajaran dari Pemilu 2019. DPR, kata dia, mengevaluasi hambatan atau kendala gelaran pemilu agar tidak terjadi lagi pada Pemilu 2024. 

"Dengan demikian, pelaksanaan pesta demokrasi dapat berlangsung menjadi lebih baik,” tegasnya.

Ketua DPP PDIP itu menilai jika masyarakat Indonesia serentak ingin pemilu tetap berjalan sesuai aturan dalam perundang-undangan, maka Pemilu 2024 akan terselenggara sebagaimana mestinya. 

“Saya percaya, dengan bergotong royong, kita dapat mewujudkan pemilu yang berjalan sebagaimana mestinya,” pungkas Puan. 

Sebelumnya, Puan Maharani melawan pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang mengklaim data aspirasi masyarakat terkait penundaan Pemilu 2024. 

Puan mengatakan partainya juga memiliki data sendiri terkait aspirasi rakyat soal pemilu. Hanya saja kata Puan, data yang dimiliki PDIP tidak termasuk soal persepsi masyarakat terhadap penundaan Pemilu 2024. 

"Kami dari PDIP punya data sendiri dan tidak termasuk dengan data yang disampaikan saja," kata Puan di Gedung DPR, Selasa, 15 Maret. 

Puan menambahkan data yang dimiliki PDIP juga "besar". Namun dia tidak melanjutkan maksud dari data PDIP yang besar itu.

"Data kami juga big," singkatnya. 

Artikel ini telah tayang dengan judul: Tak Ada Penundaan, Puan Maharani: Jadi Tanggung Jawab Kita Menyukseskan Pemilu 2024

Saatnya merevolusi pemberitaan Jogja.Voi.id!