Berita Kulon Progo: Pemkab Melonggarkan Kegiatan Masyarakat Setelah Turun Level
Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana. (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melonggarkan kegiatan masyarakat setelah adanya kebijakan penurunan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 4 turun ke Level 3.

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana di Kulon Progo, Selasa, mengatakan hari ini pihaknya menerima Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan penurunan level di wilayah DIY, termasuk Kulon Progo

"Kegiatan masyarakat yang dilonggarkan mulai dari sosial, budaya, pariwisata, maupun ekonomi seperti di rumah makan maupun warung sekarang kapasitasnya menjadi 60 persen dari sebelumnya 25 persen," kata Fajar Gegana.

Pemkab Melonggarkan Kegiatan Masyarakat

Ia mengatakan aktivitas perdagangan di pusat perbelanjaan juga berubah. Dari kapasitas maksimal 25 persen, sekarang menjadi 60 persen. Sektor pariwisata juga kembali dilonggarkan. Kuota kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata menjadi 50 persen dari total kapasitas, termasuk di tempat ibadah menjadi 50 persen.

"Penurunan level PPKM tidak lepas dari adanya penurunan kasus positif COVID-19 harian di Kulon Progo di bawah 100 per hari, dan angka kesembuhan di atas 150 per hari. Kami mensyukuri penurunan level ini membuka kembali akses di Kulon Progo serta mendorong percepatan penumbuhan ekonomi masyarakat," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Meski sudah berstatus Level 3, Fajar mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Masyarakat diimbau tidak euforia secara berlebihan. Potensi penambahan kasus positif COVID-19 harian masih bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Kita tetap harus menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19. Masyarakat tetap tertib pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas. Ini yang harus jadi pedoman masyarakat," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan hari ini ada penambahan 57 kasus baru, sehingga total kasus aktif COVID-19 menjadi 1.077 kasus.

"Beberapa hari terakhir, angka penambahan kasus harian positif COVID-19 mengalami penurunan hingga di bawah 100 kasus per hari. Meski demikian, kami mengimbau kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!