Berita Bantul: Bupati Mengharapkan Paguyuban Warga Bantul Ikut Mengembangkan Potensi Daerah
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat sambutan pembukaan Silaturahmi Nasional Paguyuban Warga Kabupaten Bantul (Silatnas Warkaban) Tahun 2022 di Kabupaten Bantul, DIY

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengharapkan Paguyuban Warga Kabupaten Bantul turut mengembangkan dan mengangkat potensi daerah yang dimiliki kabupaten ini untuk mendukung program pembangunan pemerintah.

"Keberadaan paguyuban ini harus mampu menjadi sarana dan media untuk mengembangkan potensi yang dimiliki warga Bantul," kata Bupati dalam sambutan tertulis pada pembukaan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Paguyuban Warga Kabupaten Bantul (Warkaban) di Bantul, Minggu.

Bupati mengatakan, paguyuban Warkaban harus hadir mewujudkan diri dalam lingkup yang lebih luas, tidak hanya dalam rangka silaturahmi, tetapi harus menjadi lembaga yang mengayomi, yang mengkoordinasikan berbagai kepentingan, pembinaan, dan potensi yang ada, serta dapat mengangkat potensi Bantul.

Bupati Mengharapkan Paguyuban Warga Bantul

"Saya yakin apabila seluruh potensi yang dimiliki anggota paguyuban dapat dipersatukan dalam ikatan yang erat dan kuat, maka akan menjadi potensi yang sangat besar dan kuat, yang tidak saja bermanfaat bagi anggota paguyuban, tetapi bagi masyarakat lainnya," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Oleh karena itu, kata Bupati, paguyuban dipersilakan untuk membuat lembaga-lembaga perekonomian, kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah daerah, serta berbagai lembaga yang ada di perantauan.

"Selain itu, saya juga berharapr seluruh anggota paguyuban Warkaban dapat menjadi duta bagi Kabupaten Bantul dalam mempromosikan potensi Bantul baik hasil pertanian, pariwisata, investasi dan industri yang di dalamnya terdapat sub sektor industri kreatif, yang potensinya besar," katanya.

Dia mengatakan, sektor pariwisata, pertanian, dan industri termasuk ekonomi kreatif di Kabupaten Bantul terus berkembang yang menjadikan ketiga sektor tersebut menjadi sektor unggulan dalam pembangunan.

"Dan pemkab sudah menetapkan tiga sektor ekonomi strategis, satu industri termasuk di dalamnya industri kreatif, kemudian pertanian, dan yang ketiga pariwisata, tiga-tiganya kita punya keunggulan," katanya.

Bupati juga mengatakan, pemerintah kabupaten juga terus melakukan berbagai upaya dan ikhtiar bagaimana di era pandemi ini pemulihan ekonomi bisa terus dilakukan, apalagi Bantul adalah kabupaten yang sangat besar potensi sumber dayanya.

"Oleh karenanya bagaimana ada gagasan masukan ide ide dari paguyuban yang bisa kami implementasikan guna menanggulangi berbagai masalah yang terjadi di Bantul, terutama di era pandemi atau pascapandemi ini," katanya.

BACA JUGA:


Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!

Terkait