Berita Sleman: Wabup Sleman Mencanangkan Minomartani Sebagai Kampung Pancasila
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melakukan pemukulan gong yang menandai pencanangan Kelurahan Minomartani sebagai Kampung Pancasila. Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa mencanangkan Kelurahan Minomartani, Kecamatan Ngaglik sebagai Kampung Pancasila, bertempat di Masjid Pathok Negara Plosokuning, Kelurahan Minomartani, Ngaglik, Rabu sore.

Kegiatan tersebut merupakan Program Kodim 0732/Sleman bekerja sama dengan Pemkab Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman.

Danang mengatakan bahwa Program Kampung Pancasila tersebut selaras dengan program Pemkab Sleman, yakni Program Rintisan Kelurahan Berkarakter Pancasila seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mencanangkan Minomartani Sebagai Kampung Pancasila

Ia berharap program yang digagas Kodim 0733/Sleman tersebut dapat bersinergi dengan program yang ditangani Pemkab Sleman.

"Dengan pencanangan Kelurahan Minomartani sebagai Kampung Pancasila diharapkan mampu menangkal bahaya disintegrasi bangsa. Mari 'sesarengang mbangun' (bersama-sama membangun) Sleman," katanya.

Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana mengatakan bahwa program tersebut untuk merevitalisasi kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah masyarakat.

Ia mengatakan hal tersebut tak lepas dari pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa dampak kepada kehidupan masyarakat, baik dampak positif maupun negatif.

"Dampak negatifnya adalah tergerusnya budaya kita oleh budaya masyarakat modern yang materialistis dan individualis," katanya.

Menurut dia, hal tersebut dapat diantisipasi dengan mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia.

"Sebab ideologi Pancasila merupakan sari-sari budaya luhur bangsa Indonesia yang penuh gotong royong, toleransi, dan kekeluargaan," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!