Berita Sleman: Bupati Sleman Mengajak Komponen Optimalkan Proses Belajar Mengajar
Sejumlah siswa gabungan dari beberapa sekolah di Sleman membawakan sebuah tarian pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 Kabupaten Sleman. Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak seluruh komponen pendidikan baik tenaga pendidik dan peserta didik mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan minat dan bakat siswa, dengan pendekatan Merdeka Belajar seriring situasi pandemi yang semakin membaik.

Ajakan tersebut disampaikan Kustini Sri Purnomo pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei yang dilaksanakan di Lapangan Pemda Sleman, Rabu.

"Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini mengusung tema 'Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar'," kata Kustini seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Optimalkan Proses Belajar Mengajar

Menurut dia, tema tersebut dinilai sebagai semangat untuk segera pulih dan maju meningkatkan kualitas pendidikan setelah selama dua tahun terakhir beradaptasi dengan terbatasnya ruang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Kustini juga menekankan, pentingnya pembentukan karakter manusia yang merupakan manifestasi tujuan pendidikan yakni membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang beriman, takwa, cerdas, dan trampil.

"Oleh karena itu, pendidikan baik di sekolah, keluarga, dan lingkungan harus diarahkan untuk membentuk generasi yang memiliki kemampuan daya juang dan mentalitas yang kuat serta rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan. Saya berpesan agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka dan mendorong kemajuan berpikir anak," katanya.

Ia mengatakan, selain itu, guru juga harus menciptakan peluang bagi anak didik untuk membangun interaksi yang sehat antara anak didik dan keluarganya.

"Saya yakin dengan sinergi positif dari pendidikan di lingkup keluarga dan sekolah akan membentuk generasi yang unggul tidak hanya di bidang akademis namun juga berkarakter mulia," katanya.

Bupati Sleman juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa.

Pada upacara yang juga dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Sleman ini, ditampilkan sejumlah pentas tari dengan peserta para siswa gabungan dari beberapa sekolah di Kabupaten Sleman.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!