Berita Sleman: Bupati Sleman Mengajak Masyarakat Kelola Sampah
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan khususnya di rumah dan ruang publik dengan melakukan pengelolaan sampah.

"Saya mengajak masyarakat untuk memiliki rasa tanggungjawab dalam memperhatikan kebersihan baik itu dengan pengelolaan sampah rumah tangga maupun ruang publik atau lingkungan sekitarnya," katanya di Sleman, Minggu.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Sleman saat menghadiri kegiatan lomba mewarnai Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Sleman di Taman Djoyo Dikraman, Plumbon Lor, Kalurahan Mororejo, Kapanewon Kapanewon (Kecamatan) Tempel seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mengajak Masyarakat Kelola Sampah

Menurut dia, pengelolaan sampah menjadi isu yang diperhatikan banyak pihak.

Ia juga berharap semua pihak turut serta dalam upaya-upaya pengurangan timbunan sampah khususnya dalam pengolahan sampah rumah tangga.

"Kesadaran memilah dan mengolah sampah harus dimulai dari keluarga sehingga, akan timbul kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya," katanya.

Kustini mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman terus melakukan upaya-upaya dalam menyelesaikan permasalahan sampah khususnya di Kabupaten Sleman.

Upaya tersebut mulai dari sosialisasi pengolahan sampah, optimalisasi bank sampah serta melakukan MoU bersama Gubernur DIY terkait pengolahan sampah.

Kustini menyebut seluruh upaya tersebut tidak dapat berjalan maksimal apabila tidak didukung dengan kesadaran masyarakat.

"Dukungan masyarakat sangat penting untuk keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sleman khususnya dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!