Berita Kulon Progo: DKP Kulon Progo Menebar Ikan Jaga Pelestarian Ekosistem Perairan
Bupati Kulon Progo Sutedjo melakukan tebar benih ikan di Cekdam Kijan, Desa Demangrejo, Kulon Progo. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menebar benih ikan di perairan umum untuk menjaga kelestarian ekosistem  serta memotivasi kelompok masyarakat dalam mengelola perairan umum secara berkesinambungan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono Trimulyo di Kulon Progo, Kamis, mengatakan DKP melaksanakan "restocking" penebaran benih ikan di Cekdam Kijan, Desa Demangrejo. 

Restocking adalah menebarkan kembali  jenis ikan yang menurut sejarahnya mendiami suatu perairan dan karena sesuatu sebab terjadi penurunan populasi seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Jaga Pelestarian Ekosistem Perairan

"Kami menebar benih ikan tawes sebanyak 3.750 ekor. Jenis ikan yang dipilih tawes karena jenis ikan tersebut bukan jenis ikan invasive dan mudah berkembang biak," kata Trenggono.

Ia mengatakan kegiatan tebar benih ikan di Cekdam Kijan Demangrejo ini merupakan langkah dalam mendukung program Jaga Komitmen Warga untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo (JAGA KALIKU), yaitu sebuah program untuk menjaga, mengawasi dan mengelola perairan umum berupa sungai, selokan, embung dan waduk di Kabupaten Kulon Progo.

Dengan penebaran benih ikan tersebut diharapkan sumber daya ikannya lestari, dan masyarakat  tidak melakukan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

"Jika kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan ini terus dilakukan, maka semua jenis ikan yang hidup di lingkungan tersebut pasti akan mati. Sehingga kami melakukan upaya penebaran benih di perairan umum," katanya.

Bupati Kulon Progo Sutejo memberikan apresiasi untuk warga masyarakat yang mendukung program JAGA KALIKU dalam hal ini program Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan masyarakat untuk selalu menjaga dan mengelola perairan umum di Kabupaten Kulon Progo, dengan tidak menangkap ikan dengan alat dan bahan yang dilarang seperti obat, dan setrum,"katanya.

Tebar benih ikan di Cekdam Kijan Demangrejo disambut sangat antusias oleh warga masyarakat sekitar. Mereka hadir untuk memberikan dukungan pengelolaan Cekdam Kijan  melalui  pelestarian sumber daya ikan.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!