DKP Kulon Progo Tebar Benih Ikan di Embung Blubuk
"Kami berharap kelompok masyarakat pengawas berperan aktif dalam pemeliharaan perikanan perairan umum," katanya.

Bagikan:

Yogyakarta - Restocking benih ikan yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta di Embung Blubuk Sendangsari, Kecamatan Pengasih dalam rangka menjaga dan mengelola perairan umum di wilayah ini.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan sumber daya alam hayati. Kami juga berharap restocking ini mendukung pengembangan Embung Blubuk ke depan sebagai area wisata pemancingan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Senin.

Dia menginginkan terbentuknya klasifikasi masyarakat pengawas. Dengan golongan yang beranggotakan masyarakat yang peduli dan aktif bersuka rela melestarikan sumber ikan ini, diinginkan untuk aktif melaksanakan pengawasan kepada aktivitas penangkapan ikan yang tak ramah lingkungan.

"Kami berharap kelompok masyarakat pengawas berperan aktif dalam pemeliharaan perikanan perairan umum," katanya.

Apresiasi dari Bupati Kulon Progo

Sementara itu, Bupati kulon Progo Sutedjo mempersembahkan apresiasi serta dukungan yang sebesar-besarnya terhadap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo atas terselenggaranya aktivitas positif ini.

Kegiatan ini adalah wujud untuk menjaga dan memberdayakan beragam potensi perairan umum di Kabupaten Kulon Progo.

"Kabupaten Kulon Progo ini mempunyai potensi perairan umum berupa sungai, waduk dan embung yang dimana tempat tempat seperti ini memiliki peranan sebagai sumber keanekaragaman hayati, sumber ketahanan pangan dan sumber perekonomian rakyat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan restocking di Embung Blubuk tersebut adalah sebagai bentuk pengawasan sumber daya ikan di Kulon Progo.

"Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga dan mengelola perairan umum demi kelestarian sumber daya ikan serta bersama sama menjadi masyarakat pengawas dari penangkapan ikan secara ilegal dan tidak ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sendangsari Samsudin mengungkapkan terima kasih terhadap bupati yang sudah membawa motivasi dan memberi semangat kepada pelaksanaan pengelolaan Embung Blubuk.

Kemudian, dia ingin Embung Blubuk ini menjadi tujuan destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo, sehingga sanggup menggerakkan ekonomi masyarakat di kawasan itu.

"Kami berharap arahan dan bimbingan terkait pengelolaan Embung Blubuk ini. Dengan adanya bimbingan dan arahan dari dinas maupun instansi pemerintahan, selaku pengelola Embung Blubuk, kita akan tetap termotivasi untuk meraih sebuah impian yang saat ini masih dalam angan-angan," katanya.

Selain penaburan ikan di Perairan Kulon Progo  ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!