Berita Kulon Progo, Pengamat: Jabatan Ketua PDIP Kulon Progo Harus Segera Diisi
Pengamat politik Arif Nurul Imam. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengamat politik Arif Nurul Imam menilai kekosongan jabatan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, harus segera diisi karena tahapan pemilu segera dimulai.

Ia mengatakan ada beberapa kader yang mampu menjadi Ketua PDI Perjuangan Kulon Progo, antara lain, Fajar Gegana, Istana, dan Akhid Nuryadi.

"Semua layak, namun jika ingin menggandakan dukungan dari milenial, maka Fajar Gegana memiliki nilai plus. Ini bisa dikaitkan dengan strategi pemenangan ke depan karena jumlah pemilih milenial secara nasional lebih dari 50 persen," kata Arif Nurul Imam  yang menjabat Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, di Kulon Progo, Minggu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Harus Segera Diisi

Ia mengatakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kulon Progo memiliki tanggung jawab dan tantangan berat.

Menurut dia, DPC PDI Perjuangan Kulon Progo membutuhkan figur pemimpin yang mampu menggerakkan segenap sumber daya politik untuk membesarkan partai, tidak "mriyayi" (bangsawan) karena mengklaim sebagai partai "wong cilik" dan mampu menjadi perekat bagi kader PDI Perjuangan.

"Pimpinan PDI Perjuangan Kulon Progo memiliki tanggung jawab menjaga basis massa tradisional atau loyalis dan ekspansi di 'floating mass' atau massa mengambang," katanya.

Arif mengatakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kulon Progo memiliki tanggung jawab mempertahankan perolehan 12 kursi di DPRD Kulon Progo dan dua kursi DPRD DIY dari Daerah Pemilihan Kulon Progo.

"PDI Perjuangan Kulon Progo membutuhkan pimpinan yang bisa kerja politik, membantu masyarakat, konstituen, memiliki peta, dan strategi politik data bukan asumsi agar akurat," katanya.

Sementara itu Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Wates mengatakan jika jadwal dan tahapan Pemilu 2024 dimulai awal Agustus 2022, maka pendaftaran partai politik (parpol) hanya tinggal dua bulan. Dengan demikian, kondisi tersebut membutuhkan sosok atau figur Ketua DPC PDIP Kulon Progo yang mumpuni.

“Kekosongan jabatan Ketua DPC harus segera diisi agar proses partai mengikuti tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar,” katanya

Seperti diketahui, Ketua DPC PDIP Kulon Progo Sudarto meninggal dunia beberapa waktu lalu. Selain sebagai Ketua DPC PDIP Kulon Progo Sudarto merupakan anggota DPRD DIY Dapil Kulon Progo.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!