Kulon Progo Persiapkan Penyekatan di Perbatasan DIY Jateng
Gerbang Samudra Raksa berada di perbatasan Kulon Progo-Purworejo (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan beragam skenario pengawasan dan penyekatan di kawasan perbatasan memasuki Arus Mudik Lebaran 2021

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo L Bowo Pristiyanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan Kulon Progo adalah kawasan yang berada di perbatasan dengan Jawa Tengah, baik di sisi selatan dan utara yang kesemuanya berpotensi dilewati pemudik ketika arus mudik nanti. 

"Kami sudah menyiapkan sejumlah skenario terkait dengan pengawasan di perbatasan jelang libur Lebaran 2021, termasuk pengawasan di jalan alternatif," kata Bowo dikutip VOI dari ANTARA.

Namun demikian, ia mengatakan sampai saat ini, Dishub Kulon Progo masih menunggu regulasi dari provinsi maupun pusat terkait dengan mekanisme penjagaan di perbatasan. 

"Kami masih ada koordinasi dengan Dishub DIY seperti apa. Jadi belum matang soal mekanisme pengawasan di perbatasan seperti apa. Kalau koordinasi di internal kami sudah kita lakukan ya. Kita sudah siapkan sejumlah skenario," katanya. 

Perbatasan Jadi Prioritas Dishub Kulon Progo

Lebih lanjut, sejumlah spot perbatasan yang menjadi perhatian dari Dishub yaitu jalan nasional, Kecamatan Temon yang menjadi jalan masuk utama pemudik dari barat yang masuk di sisi selatan. Meskipun, dari arah utara yaitu di wilayah Pasar Jagalan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang. 

"Kami juga tidak menutup mata terhadap jalur tikus yang akan dilalui oleh pemudik di wilayah Girimulyo yang merupakan pintu gerbang dari wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Posko rencananya kita siapkan di Temon dan Jagalan," kata Bowo.

Dia mengatakan personel Dishub Kulon Progo yang akan diterjunkan untuk mengawasi di perbatasan sendiri sekitar 40 personel yang terdiri dari sejumlah regu mulai dari penerangan jalan umum (PJU), lalu lintas, dan perlengkapan jalan. 

"Intinya kita siap dengan berbagai skenario yang diputuskan dari pusat ya. Jadi, apapun yang diperintahkan kita siap untuk menjalankan skenario tersebut," katanya.