Berita Kulon Progo: DPRD: Rekanan BBWSSO Percepat Perbaikan Irigasi Kalibawang
Komisi III DPRD Kulon Progo tinjau bencana saluran induk irigasi Kalibawang yang ambles

Bagikan:

YOGYAKARTA - Komisi III DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, minta rekanan Balai Besar Kawasan Sungai Serayu Opak mempercepat pelaksanaan rehabilitasi saluran induk irigasi Kalibawang di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalubawang, yang ambles pada Rabu (22/9).

Member Komisi III DPRD Kulon Progo Wisnu Prasetya di Kulon Progo, Kamis, mengatakan kerusakan saluran irigasi Kalibawang di Dusun Pantog Wetan cukup parah sebab ada rongga yang menganga dan lebar, dan mengancam sedikitnya 2.100 hektare sawah mundur masa tanamnya.

Percepat Perbaikan Irigasi Kalibawang

"Saluran irigasi Kalibawang ini sangat strategis dan vital untuk pengairan ribuan hektare sawah. Saat ini, sedang memasuki masa tanam. Kerusakan ini jangan sampai mengganggu masa tanam," kata Wisnu saat meninjau lokasi saluran irigasi Kalibawang di Dusun Pantog Wetan yang ambles yang dikutip VOI dari ANTARA.

Wisnu mengatakan bangunan saluran irigasi Kalibawang ini mayoritas usianya sudah tua yang dibangun masa Belanda, sehingga membutuhkan perawatan yang komprehensif.

"Sektor pertanian ini menjadi sektor yang tidak terkena dampak pandemi di Kulon Progo, sehingga saluran irigasi yang ambles ini dapat cepat diperbaiki," harapnya.