Berita Kripto: Mulai Tahun Depan Korsel Terapkan Pajak Kripto, Diperkirakan Perdagangan Bakal Merosot
Parlemen Korsel setujui pengenaan pajak kripto tahun 2022. (foto korean herald)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Upaya menghalangi langkah partai yang berkuasa untuk menunda penerapan undang-undang pajak kripto yang kontroversial Anggota parlemen di Korea Selatan lakukan pertempuran politik yang panjang pada 30 September.

Dalam pertemuan pada 26 September yang baru dilaporkan kemarin, Menteri Keuangan Hong Nam-ki dan anggota parlemen utama Partai Demokrat dari Majelis Nasional, legislatif Korea Selatan, dikatakan telah mencapai kesepakatan akhir bahwa pajak kripto akan diberlakukan sesuai rencana.

Pajak kripto Korea akan mengenakan pajak atas keuntungan kripto dengan cara yang mirip dengan saham tradisional. Ini akan memungut pajak 20% atas pendapatan yang dihasilkan oleh transaksi kripto lebih dari 2,5 juta won Korea (Rp 30 juta).

Korsel Terapkan Pajak Kripto

Partai Demokrat yang menjadi mayoritas di Majelis Nasional berusaha untuk meloloskan amandemen undang-undang pajak yang akan menunda pajak hingga 2023. Anggota parlemen Demokrat Kim Byung-ook mengusulkan dalam sesi terbuka pada 15 September bahwa pajak capital gain atas cryptocurrency harus digulirkan keluar bersama pajak serupa pada saham pada tahun 2023, bukan 2022.

Sementara partai mayoritas yang berkuasa secara teoritis seharusnya memiliki jumlah untuk meloloskan amandemen, mereka menghadapi penolakan keras dari Menteri Keuangan Hong, yang memegang kekuasaan signifikan dan telah menjabat di banyak posisi tinggi di negara itu, termasuk sebagai Perdana Menteri.

Menteri Hong telah berulang kali menyatakan sepanjang tahun 2021 bahwa pajak akan mulai berlaku seperti yang direncanakan semula, sejauh mengatakan bahwa pajak crypto tidak dapat dihindari untuk tahun 2022.

Setidaknya dua kali sejak Mei, Menteri Hong telah mengulangi sikap tegas terhadap Partai Demokrat yang berkuasa bahwa pajak kripto akan mulai berlaku tanpa penundaan.

Sementara kemenangan bagi Hong, beberapa orang dalam industri crypto khawatir pajak baru akan membuat volume perdagangan dan minat keseluruhan dalam industri ini menurun.

Namun Jun Hyuk Ahn, seorang analis pasar crypto Korea, merasa bahwa tidak ada alasan untuk khawatir tentang penurunan minat. “Saya tidak percaya perpajakan akan menyebabkan pencegahan di pasar crypto di Korea. Kami telah melihat apa yang terjadi di Amerika Serikat, dan tidak akan jauh berbeda di sini,” kata Ahn, seperti dikutip Cointelegraph.

Undang-undang baru muncul di atas peraturan baru tentang keamanan dunia maya yang melihat keluarnya pasar baru-baru ini dari banyak bursa Korea. Hanya 29 pertukaran crypto yang memenuhi tenggat waktu 24 September untuk mematuhinya.

Dari 29 tersebut, hanya empat yang memperoleh kemitraan rekening bank nama asli dengan bank domestik yang memberi mereka hak hukum untuk terus menawarkan pasangan perdagangan KRW. Keempatnya adalah Upbit, Bithumb, Coinone, dan Korbit. 25 bursa lainnya memiliki sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Internet (ISMS) dan akan menawarkan pasangan perdagangan kripto-ke-kripto.

Mulai hari ini, Upbit akan mengharuskan tiap pengguna yang melaksanakan perdagangan lebih dari 1 juta KRW (Rp12 juta) untuk menjalani KYC, dengan segala pengguna yang memperdagangkan jumlah berapa bahkan juga diharuskan untuk melaksanakannya pada tanggal 8 Oktober. Cara KYC baru ditujukan untuk membawa pertukaran sejajar dengan prosedur anti pencucian uang.

Pertukaran Korea, seperti Upbit, sebelumnya menerapkan rekening bank nama absah dan aplikasi perpesanan Kakaotalk mereka sebagai mekanisme KYC de facto. Bithumb, Coinone, dan Korbit diinginkan meniru Upbit dalam memerlukan KYC lebih lanjut dari penggunanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Parlemen Korsel Terapkan Pajak Kripto Tahun Depan, Perdagangan Diperkirakan Menurun, saatnya merevolusi pemberitaan!