Lingkungan Sejuk Berpotensi Besar Tingkatkan Berat Badan
Ilustrasi ruangan suhu rendah (Unsplash/gryffyn m)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tinggal atau bekerja dalam waktu yang lama di ruangan maupun lingkungan bersuhu rendah bisa menurunkan suhu inti tubuh. Apakah Anda memilih tinggal di lingkungan sejuk dan nyaman?

Berdasarkan ulasan Profesor Kenneth McLeod di Clinical Science and Enginering Research Laboratory, Binghamton University, State University of New York, suhu inti tubuh menurun bisa memicu tingkat metabolisme menurut dan berkaitan dengan seberapa cepat kita membakar kalori.

Biasanya, tinggal atau bekerja di ruangan suhu rendah bisa menyebabkan berat badan naik. Bagaimana bisa dan bagaimana cara agar berat badan serta metabolisme tetap stabil?

Untuk menjaga metabolisme tetap seimbang dan suhu inti tubuh tidak menurun bahkan jika tinggal di lingkungan sejuk atau dingin adalah dengan memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi metabolisme.

Pertama adalah metabolisme basal, di mana membutuhkan dua per tiga dari total kalori yang dibakar menjadi energi untuk pernapasan, sirkulasi darah, pertumbuhan sel, fungsi otak, dan pencernaan makanan.

Olahraga Dapat Tingkatkan Panas Tubuh

Olahraga atau gerakan fisik juga dapat menghasilkan panas tubuh melalui reaksi kimia yang membuat otot berkontraksi. Proses ketiga yang merupakan penghasil panas terjadi dalam jaringan khusus, disebut ‘lemak cokelat’.

Bagian ini menjaga suhu inti yang ditemukan sangat berguna, fungsinya agar tubuh tidak membeku sejak jaman es. Melansir The Conversation, Jumat, 07 Mei, dengan meningkatnya suhu tubuh maka laju metabolisme juga akan meningkat dan artinya kalori yang terbakar lebih banyak.

Lebih jauh lagi, suhu tubuh sejalan dengan metabolisme sehingga berefek positif pada kesehatan. Nah, tingkat suhu tubuh dan metabolisme ini tak bisa lepas dari kondisi lingkungan tempat tinggal. Apabila suhu inti tubuh menurun 1 derajat, maka metabolisme bisa menurun hingga 7 persen.

Apabila berat badan Anda bertambah tetapi tidak menemukan penyebabnya atau pola makan dan pola hidup tidak berubah kecuali memeriksa penurunan suhu tubuh yang memengaruhi metabolisme tubuh, artinya pasang thermostat di ruangan untuk memastikannya.

Profesor Kenneth menyarankan, suhu ruangan yang tepat adalah ketika membuat Anda merasa nyaman. Tidak terlalu panas dan tidak membuat Anda kedinginan. Biasanya bersuhu 22 hingga 27 derajat Selsius.

Untuk menjaga agar suhu inti tubuh tidak menurun, Anda perlu melakukan beberapa cara. Misalnya memakai jaket atau memastikan tubuh tetap bergerak agar tubuh tetap menghasilkan panas dan membuat metabolisme tetap bekerja seimbang.

Artikel Ini Sudah Tayang di VOI dengan Judul: Faktanya, Lingkungan Sejuk Berpotensi Meningkatkan Berat Badan, saatnya merevokusi pemberitaan!