Berita Teknologi: Snapchat Hadirkan Sistem Deteksi Otomatis Cekal Penjualan Obat Terlarang di Platformnya
Snapchat akan lebih berhati-hati terhadp konten penjualan obat. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem deteksi otomatis dan konten pendidikan baru untuk menindak penjualan pil palsu dan obat-obatan terlarang telah diluncurkan Snapchat lewat platformnya.

Cara baru ini bertujuan untuk memperingatkan pengguna perihal bahaya pil itu dalam upaya untuk menjaga komunitasnya aman dari fentanyl (obat analgesic dari kategori narkotika). Perusahaan induk Snapchat, Snap sudah mempekerjakan lebih banyak orang untuk merespons permintaan penegakan aturan.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan data selama investigasi kejahatan dan mengoptimalkan portal pengajaran dalam aplikasi yang disebut Heads Up, berpusat pada bahaya fentanyl dan pil palsu.

Snapchat Hadirkan Sistem Deteksi Otomatis Cekal Penjualan Obat Terlarang di Platformnya

“Kami bertekad untuk menghapus penjualan obat-obatan terlarang dari platform kami, dan kami telah berinvestasi dalam deteksi proaktif dan kolaborasi dengan penegak hukum untuk meminta pertanggungjawaban pengedar narkoba atas kerugian yang mereka sebabkan pada komunitas kami,” ungkap Snap dalam unggahan blog resminya yang dikutip dari TechCrunch, Jumat, 8 Oktober.

“Meskipun kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, di semua jenis permintaan penegakan hukum yang kami terima, waktu respons kami telah meningkat 85 persen dari tahun ke tahun," imbuhnya.

Sementara itu, perusahaan mencatat bahwa tingkat kebijakan barunya telah meningkat sebesar 112 persen selama Q1 2021, dan deteksi otomatis meningkat sebesar 260 persen. Snap juga mengklaim hampir dua pertiga konten terkait narkoba yang ditemukan di platform terdeteksi secara otomatis oleh sistem kecerdasan buatannya.

Sistem itu juga telah bekerja meningkatkan pelaporan dalam aplikasi untuk memudahkan pengguna melaporkan konten terkait narkoba. Lebih lanjut, ketika pengguna mencari kata kunci terkait narkoba, mereka sekarang akan melihat portal konten edukasi dalam aplikasi baru yang disebut Peringatan. Portal akan menampilkan konten pendidikan yang relevan, dan dirancang untuk mencegah bahaya.

Heads Up mendistribusikan konten dari organisasi terkemuka seperti Song for Charlie, Shatterproof dan Substance Abuse and Mental Health Services Administration (SAMHSA). Konten tambahan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit akan ditambahkan dalam beberapa minggu mendatang.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Snapchat Luncurkan Sistem Deteksi Otomatis Cegah Penjualan Obat Terlarang di Platformnya, saatnya merevolusi pemberitaan!