Tips Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi (PeduliLindungi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak tempat umum yang ditutup untuk mencegah penularan. Penutupan ini berlangsung selama berbulan-bulan. Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 memberikan dampak yang luar biasa bagi segala aspek kehidupan. 

Kini, perlahan-lahan tempat umum mulai dibuka lagi seiring menurunnya korban Covid-19. Pembukaan tempat umum ini lebih ketat. Salah satu syaratnya adalah menunjukkan sertifikat Covid-19 minimal dosis satu. Cara menunjukkannya bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang memuat data orang-orang yang telah melakukan vaksin. Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, beberapa tempat layanan publik dapat diakses dengan syarat menunjukkan sertifikat vaksin.

Sertifikat ini bisa Anda dapatkan setelah melakukan vaksin pertama dan kedua. Agar praktis, Anda dapat mencetaknya menjadi kartu seukuran KTP. Anda juga bisa mengakses sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa cek sertifikat vaksin dengan cara lain. Kami akan memberikan informasi cara cek sertifikat vaksin tanpa aplikasi.

Tips Cek Sertifikat Vaksin

Menggunakan Situs PeduliLindungi

Salah satu cara cek sertifikat vaksin adalah dengan membuka website PeduliLindungi. Caranya sebagai berikut.

  1. Buka situs PeduliLindungi (https://www.pedulilindungi.id)
  2. Pilih Lihat Tiket dan Sertifikat Vaksinasi
  3. Masukkan nomor HP yang terdaftar saat vaksin
  4. Masukkan kode OTP untuk verifikasi
  5. Klik Sertifikat Vaksin yang ada di sebelah kiri
  6. Sertifikat vaksin akan muncul
  7. Unduh sertifikat tersebut jika Anda ingin menyimpannya di galeri Anda.
  8. Melalui SMS 1199

Setelah vaksin, Anda akan mendapatkan pesan dari 1199 yang berisi tautan sertifikat vaksin. Gunakan link tersebut untuk melihat sertifikat vaksin di situs PeduliLindungi.

Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Hampir setiap orang memasang aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu, Kemenkes menyediakan layanan cek sertifikat melalui WhatsApp. Anda bisa mengecek sertifikat melalui aplikasi ini dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Kirim pesan ke Kemenkes RI di nomor 081110500567
  3. Masukkan nomor hp yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi
  4. Masukkan kode OTP
  5. Klik Download Sertifikat
  6. Masukkan nama dan NIK
  7. Pilih sertifikat Covid-19 yang ingin diunduh.Cek sertifikat di galeri perangkat Anda.
  8. Selain cara di atas, Anda juga bisa menyimpan sertifikat vaksin di Google Drive. Jadi, Anda cukup membuka Google Drive saat harus menunjukkan sertifikat tersebut.

Itu tadi sebagian metode cek akta vaksin tanpa aplikasi. Semoga panduan ini bisa menolong sehingga tak ada lagi alasan belum memasang aplikasi PeduliLindungi dikala berharap masuk daerah biasa. Konsisten patuhi protokol kesehatan lebih bagus untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi, saatnya merevolusi pemberitaan!